Jangan terlalu kencang mengikat rambut agar tetap bisa bernapas dan menghindari kerontokan/Net
Jangan terlalu kencang mengikat rambut agar tetap bisa bernapas dan menghindari kerontokan/Net
KOMENTAR

RAMBUT berhijab, lepek, berkeringat, terpapar polusi udara, membuatnya menjadi mudah patah dan rontok. Ditambah lagi perawatan yang salah, membuat perempuan berhijab mudah mengalami kebotakan rambut atau frictional alopecia.

Frictional alopecia merupakan salah satu masalah medis yang umum ditemukan di masyarakat. Berdasarkan data dari National Center for Biotechnology Informatin (NCBI), secara global kasus kebotakan yang paling banyak terjadi ialah alopecia areata, disusul dengan alopecia totalis, alopecia ophiasis, dan alopecia universalis.

Secara medis, alopecia frictional terjadi karena seorang individu mengalami kerontokan akibat kebiasaan menggosok rambut, folikel, maupun folikel rambut di sekitar kulit kepala.

Dokter Spesialis Dermatologi, Venereologi, dan Estetika yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) M Yoga Adi Waskito membagi kiat untuk menghindari kebotakan pada perempuan berhijab.

  1. Jangan terlalu kencang saat mengikat rambut atau memasang ciput, sehingga rambut tidak mudah rontok. Sebab, akan ada tarikan terus-menerus yang tanpa disadari akan membuat rambut cepat rontoh dan akhirnya lambat-laun menarik garis rambut yang normal ke belakang dan akhirnya menyebabkan kebotakan.
  2. Pilihlah bahan kain yang memiliki pori-pori besar, seperti katun, sehingga ketika dikenakan kepala dan rambut tetap mendapatkan asupan udara. Jika bahan yang digunakan memiliki pori-pori kecil, maka rambut menjadi lebih cepat berminyak, lepek, dan membuatnya mudah rontok.
  3. Jangan lupa istirahatkan kulit kepala serta rambut dari hijab. Jika sedang sendiri, boleh saja melepas hijab sebentar agar rambut bisa bernapas dan tidak lama-lama tertekan.
  4. Saat membersihkan rambut, gunakan sampo dan keringkan. Tetapi, upayakan agar tidak terlalu banyak menggosok rambut. Cukup memijat bagian kulit kepala agar bersih.

Jadi, perlakukan rambut berhijabmu dengan baik dan bijaksana. Jangan terlalu kencang saat memakai ciput atau mengikat rambut, gunakan hijab yang memiliki pori-pori besar, seperti katun, agar rambut dan kulit kepala tetap bisa bernapas.

Istirahatkan sejenak rambut dari tekanan, dengan cara melepas hijab saat sedang sendiri. Dan, bersihkan rambut dengan sampo yang tepat. Keringkan dengan menekan kulit kepala hingga bersih. Hindari menggosok rambut terlalu kencang agar tidak mudah patah dan rontok.




Limited Stock, Buttonscarves Gandeng Halima Aden Luncurkan Koleksi The Crown Series

Sebelumnya

Ini Dia Kesalahan Pemakaian Sunscreen yang Harus Kamu Hentikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA