Belum ada studi yang membuktikan efektivitas kombinasi madu dan kayu manis dalam mengatasi jerawat/Net
Belum ada studi yang membuktikan efektivitas kombinasi madu dan kayu manis dalam mengatasi jerawat/Net
KOMENTAR

BANYAK yang meyakini bahwa madu menjadi salah satu sarana untuk mengatasi jerawat. Bahkan, kombinasi madu dan kayu manis disebut efektif untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut. Tapi, apakah secara medis kedua bahan alami ini sudah terbukti efektivitasnya?

Madu adalah sari-sari bunga yang dikumpulkan di diproduksi oleh lebah. Cairan berwarna cokelat keemas an ini terdiri dari fruktosa, protein, asam amino, vitamin, mineral dan enzim.

Madu seringkali dijadikan ramuan alami untuk merawat wajah, termasuk mengatasi jeraat. Bahkan, madu kerap menjadi bahan utama berbagai produk perawatan kulit.

Sama halnya dengan kayu manis, juga memiliki sifat astringen yang bisa membantu mengecilkan pori-pori yang dapat membuat kulit tampak halus dan rata.

Nah, keduanya diyakini dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan pori-pori meradang. Karena di dalam madu dan kayu manis, ada kandungan antibakteri atau antimiktoba yang mampu mencegah perkembangan bakteri di kulit.

Tetapi, mengutip Medical News Today, ternyata baik madu dan kayu manis belum teruji secara klinis terkait efektivitasnya. Belum banyak penelitian tentang hal ini.

Hanya saja, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal BMJ Open, madu dapat bekerja sebagai antibakteri setelah seseorang mengaplikasikannya ke wajah dan dicuci dengan sabun muka. Para ahli juga menyimpulkan bahwa kombinasi madu hanya memperbaiki 4 dari 53 pasien.

Lalu, ternyata tidak semua jenis madu memiliki khasiat yang sama. Salah satu madu terbaik untuk perawatan kulit adalah madu Manuka. Madu ini memiliki efek antimikroba yang baik dengan tingkat pH yang rendah.

Ada lagi, madu dari Iran yang dalam Journal of Microbiology Immunology and Infection disebut memiliki aktivitas antimikroba yang mumpuni.

Meski begitu, belum ada studi lanjut terkain manfaatnya dalam membunuh bakteri penyebab jerawat. Begitu pula ulasan terkait manfaat kayu manis, meskipun sudah ada banyak artikel tentang kayu manis dan sifat antimikrobanya yang menyembuhkan luka hingga antipenuaan.

Hanya saja, terkait penggunaan keduanya saat dijadikan masker wajah, belum banyak studi yang membuktikan. Beberapa orang mungkin perlu menemui dokter kulit untuk mendapatkan saran atas penggunaan kombinasi madu dan kayu manis.

Kalau Sahabat Farah, biasanya pakai bahan alami apa nih untuk mengusir jerawat membandel?




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Boho Snob, Gaya Bohemia Perpaduan Wastra Nan Cantik Karya Paradise Batik Mudrika

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga