Sofa/Net
Sofa/Net
KOMENTAR

SOFA merupakan furniture wajib ada di setiap hunian. Umumnya perabot ini digunakan untuk mengisi ruang tamu atau ruang keluarga. Bentuk sofa bisa beragam, ada yang berbentuk tunggal,  ada juga yang panjang dengan dua atau tiga dudukan bahkan ada juga yang dapat diubah bentuknya dan difungsikan menjadi tempat tidur, yang disebut sebagai sofabed.

Kunci keindahan dari sofa terletak pada upholstery atau kain pelapis yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa kain yang dapat dijadikan kain pelapis sofa, antara lain:

1# Katun 
Kain ini termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki karakteristik lembut. Kain ini menjadi favorit didaerah beriklim tropis, selain harganya yang terjangkau, karena terasa adem dan dingin ketika digunakan. Namun, kekurangan kain ini adalah mudah robek, warnanya cepat pudar dan sulit dibersihkan ketika terkena noda.

2# Polyester
Kain berikutnya yang sering dijadikan kain pelapis sofa adalah Polyester. Karena kain ini bersifat awet, tidak mudah sobek dan tersedia ke dalam berbagai lapisan warna serta motif. Umumnya  Polyester yang digunakan adalah campuran dengan rayon dan wool. Kain ini relatif lebih kuat dibandingkan dengan katun, namun terasa gerah.

3# Rayon (Viscose)
Rayon merupakan kain yang dibuat dari serat hasil regenerasi selulosa. Permukaannya halus, lembut dan lembut, sehingga sering dijadikan pengganti sutra. Namun ketika dijadikan bahan pelapis sofa, bahan ini tidak tahan terhadap air.

4# Nilon
Nilon umumnya memiliki daya tahan yang cukup tinggi dan tidak mudah mengelupas ataupun pudar. Namun jika tidak dirawat dengan baik, kain ini mudah mengkerut. 
5# Linen
Kain ini merupakan kai yang tertua di dunia yang terbuat dari serat alami tanaman rami. Kain ini terbilang lebih kuat, tidak mudah sobek dan warnanya tidak mudah pudar jika dirawat atau dibersihkan dengan cara yang benar.

6# Chenile
Kain ini memiliki tampilan mirip dengan rajutan, biasanya ditemukan pada sofa dengan gaya klasik. Kain ini dikenal sangat kuat, tidak mudah sobek namun sulit dibersihkan jika terkena noda.

7# Akrilik
Kain ini termasuk ke dalam jenis kain yang bertekstur halus. Sering disebut sebagai imitasi dari wool. Karakternya mudah kering dan kuat terhadap cuaca , sehingga cocok dijadikan sebagai kain pelapis kursi teras.

8# Oscar
Kain ini merupakan kain sintetis yang memiliki tampilan mirip kulit. Kain oscar cocok dijadikan bahan sofa yang bergaya klasik dengan berbagai sandaran berbagai ukiran sehingga tampak mewah dan elegan.

9# Kanvas
Kanvas merupakan kain dengan bahan tebal, kuat dan kokoh. Kain ini memiliki warna dan motif yang beragam. Kelemahan sofa yang dilapisi kain ini adalah mudah kotor dan mudah berdebu karena kain ini memiliki pori-pori cukup besar yang dapat menyimpan debu, sehingga membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kebersihan dan kualitas sofa.




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family