Meisya Siregar bersama anak dan suami, Bebi Romeo/Net
Meisya Siregar bersama anak dan suami, Bebi Romeo/Net
KOMENTAR

MUSIM pancaroba masih berlangsung, virus datang dan pergi, imunitas anak benar-benar sedang diuji. Demam menjadi hal biasa yang terjadi pada anak.

Tapi tetap saja, demam suka bikin Bunda panik. Apalagi sekarang, tidak sembarang obat bisa dikonsumsi anak. Sebabnya, beberapa obat sirup yang biasa digunakan, mengandung senyawa berbahaya yang mengakibatkan anak mengalami gangguan gagal ginjal akut.

“Lelah ga sih sama virus-virus yang come and go .. bolak balik pingpong .. Dari lelah sampe ya udah lah kita hadepin!!!” tulis Meisya Siregar di akun Instagram pribadinya.

Dan beberapa hari terakhir, anak-anak Meisya mengalami demam serta batuk. Sempat dibuat bingung lantaran stok paracetamol sudah tidak ada. Sedangkan obat puyer, dirasa cukup pahit untuk dikonsumsi anak.

“Ya udah ga usah panik, cobain home treatment aja senyaman mungkin! Selama demam bisa termonitor, anak-anak mau dibujuk makan, minum banyak, komunikasi masih oke, there’s no to worry about,” tulisnya lagi.

  • Anak batuk? Bikin kencur, yuk!

Untuk mengatasi anaknya yang sedang batuk, Meisya sengaja membuat ramuan kecur. Caranya: kencur diparut, seduh air panas, saring, kemudian campurkan lemon.

Simpan di dalam container, masukan ke kulkas. Keluarkan jika hendak diminum, bisa dicampurkan air hangat. Khasiatnya, expectorant natural.

“Aku kasih 3x1 sendok makan,” kata Meisya.

  • Anak demam kurang dari 38 derajat celcius

Ketika anak mengalami demam kurang dari 38 derajat celcius, disertai dengan pegal sendi, bisa lakukan home treatment dengan cara: kompres dengan ice gel atau washlap panas.

Berikan makanan yang disuka, buah-buahan, sayuran, atau apapun yang bisa menggugah selera makannya. Pastikan anak cukup cairan, dengan cara berikan minum yang cukup agar terus terhidrasi.

Sebagai booster, berikan madu dan propolis.

“Segala puji bagi Allah SWT, besok harinya anakku sudah sehat dan ceria kembali,” ucapnya.

Nah Bunda, sekarang tidak perlu panik jika anak demam. Tidak melulu demam diatasi dengan minum obat atau paracetamol. Bunda bisa meniru cara Meisya Siregar membuat kencur untuk mengatasi batuk atau home treatment ketika anak demam.

Cara-cara seperti ini tentunya lebih aman untuk anak.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting