Ilustrasi terapi berjalan/Net
Ilustrasi terapi berjalan/Net
KOMENTAR

BERJALAN jinjit (toe walking) memang wajar dan umum dilakukan anak yang baru belajar berjalan. Kebiasaan ini juga akan berlanjut hingga anak usia 7 sampai 10.

Namun ketika berjalan jinjit ini sudah mengganggu penampilannya dan membuat Bunda resah, tidak ada salahnya jika kemudian menerapkan beberapa teknik untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

  • Pilihlah flat shoes untuk si kecil. Penggunaan sepatu berhak dapat menyebabkan pertumbuhan bentuk telapak kaki yang tidak normal.
  • Latih anak untuk terus berjalan menggunakan telapak kaki mereka, seperti lewat permainan lompat kodok.
  • Latih anak berjalan datar di tanah.
  • Latihan duduk-berdiri dari kursi dengan posisi telapak kaki harus tetap datar. Bunda bisa membantu memegangi bagian kaki agar anak tidak reflek menjinjit lagi.
  • Latihan-latihan peregangan otot kaki, seperti menekuk dan meregangkan kaki anak saat ia berbaring di tempat tidur.
  • Latihan sensori pada telapak kaki, seperti berjalan di beberapa tekstur berbeda, seperti rumput, karpet bulu, batu refleksi, kelereng, atau matras kulit jeruk.
  • Latihan jalan penguin, dengan tumit menapak tapi ujung kaki terangkat. Ini berfungsi untuk melatih kekuatan.
  • Duduk di skateboard atau papan apapun yang bisa digeser dan setinggi skateboard. Minta anak meletakkan tumit di lantai dan ujung kaki terangkat. Kemudian minta ia mendorong skateboard dengan tekanan pada tumit tersebut.
  • Latihan mengangkat beban dengan kaki. Gunakan karung berisi beras atau kacang, letakkan di atas kaki. Minta anak memindahkan karung kecil tersebut. Jika keadaan anak membaik, ia akan berhasil memindahkannya.

Bunda, cek penyebab si kecil suka jinjit. Ada banyak faktor, seperti kondisi lantai rumah yang kotor atau basah, sehingga ada perasaan jijik dan tidak nyaman yang akhirnya membuat di kecil berjalan jinjit.

Tunda dulu aktivitas yang mengharuskan anak sering berjinjit, misalnya les balet. Dan, periksa apa ada kelainan telapak kaki (flat foot). Jika iya, segera ke dokter ortopedi untuk mendapat penanganan terbaik.

Tetaplah sabar dan konsisten untuk memberikan si kecil contoh cara berjalan yang baik ketika mereka sedang berjalan jinjit.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting