post image
KOMENTAR

SIAPA yang tak ingin didoakan oleh malaikat? Sebagai hamba Allah yang tak pernah luput dari dosa, kita tentu ingin mendapatkan syafaat dan ampunan dari Allah Swt.

Salah satu amalan yang membuat para malaikat mendoakan kita adalah saat kita menjadi hamba yang selalu berdoa untuk orang lain, tanpa diketahui oleh orang yang didoakan.

Ketika kita mendoakan orang lain, mendoakan agar orang lain selalu dalam penjagaan Allah Swt, mendoakan agar orang lain selalu dalam keadaan sehat, hingga mendoakan orang lain agar bertabur berkah dalam hidupnya.

Allah Swt. menjelaskan tentang malaikat yang mendoakan manusia dalam ayat ke-7 surat Al-Mu'min.

"(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala."

Perkara doa ini juga bisa dilihat dalam buku Meneladani Nabi dalam Sehari yang ditulis Syekh Abdullah Ju'aitsan, bahwa doa adalah sebuah kebaikan yang akan kembali pada pelakunya. Terlebih lagi jika mendoakan kebaikan untuk saudara kita.

Dalam sebuah hadis riwayat Muslim, Rasulullah saw. bersabda: "Doa seorang Muslim untuk saudaranya yang tanpa sepengetahuan saudaranya itu mustajab. Di atas kepala orang itu ada malaikat yang mencatatnya. Setiap kali orang itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, maka malaikat itu pun mengucapkan aamiin (semoga Allah mengabulkan) dan untukmu juga seperti itu."

Tapi tentulah, segala perbuatan baik tergantung pada niatnya. Jika niat kita ikhlas, lillahi ta'ala, dan tidak ingin orang mengetahui doa kita, insya Allah inilah yang terbaik.

Namun jika kita mendoakan dengan niat terselubung di baliknya, berharap pamrih dari orang yang kita doakan, bahkan sesumbar bahwa kebaikan yang ia dapatkan berasal dari doa-doa yang kita ucapkan, maka nurani kita pun akan menyangsikan jika malaikat bakal balik mendoakan kita. Wallahu a'lam bishshawab.




Air Mata Syukur untuk Imas, Azka, dan Gempita Shalihah Kamil

Sebelumnya

Deretan Tenda Merah Putih dan Senyum yang Melahirkan Kekuatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur