post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

PEKERJAAN sampingan biasanya dipilih berdasarkan minat, bakat, dan kemampuan yang dimiliki. Bahkan, pekerjaan sampingan terkadang lebih menunjukkan kemampuan kita, ketimbang pekerjaan utama.

Karena itu, tidak menutup kemungkinan jika pekerjaan sampingan dijadikan karier. Hanya saja, harus diperhatikan beberapa hal agar tidak salah langkah.

Evaluasi Pekerjaan Sampingan

Evaluasi pilihan pekerjaan sampingan yang ingin dijalani lebih serius. Temukan jika sampingan itu bisa membangkitkan semangat. Coba untuk melihat secara realistis waktu yang kamu punya dan cari celah dalam jadwal. Kemudian, tanyakan pada diri sendiri, kapan kamu dapat membangun mimpi tersebut.

Buat Rencana Bisnis

Rencana bisnis ini berfungsi sebagai penunjuk jalan untuk memudahkan kamu mencapai tujuan. Buat business plan dengan meneliti lebih dulu keadaan market sekitar. Lihat pesaing di bidang yang sama, visualisasikan siapa saja pelanggan potensialnya, dan pilih model bisnis yang cocok dengan tujuan kamu.

Pikirkan Jenis Badan Usahanya

Ini penting, agar bisnis sampingan kamu nanti punya badan hukum. Apakah ingin dibuat sebagai usaha pribadi, kemitraan, perseroan terbatas, atau korporasi. Ini perlu diputuskan berdasarkan modal dan perlindungan yang dibutuhkan.

Manfaatkan Internet

Manfaatkan internet untuk memudahkan kamu mempelajari semua topik yang dibutuhkan. Saat ini, banyak sekali platform pembelajaran yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan diri dan bisnis.

Siapkan Dana

Kamu bisa menyisihkan sebagain dari penghasilan tetap untuk membangun bisnis sampingan ini. Sebisa mungkin, hindari mengambil utang, ya. Dana tersebut adalah modal usaha pertama yang bisa dipakai untuk membuat web, properti fisik, material, dan peralatan lainnya.

Tentukan Jadwal

Mulailah dengan menentukan seberapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk membangun bisnis ini. Lalu, tetapkan jadwal dengan mancatatnya dan mulai rutin bangun mimpimu yang lain untuk lebih mengembangkan karier dan diri.

Jangan menyerah jika di tengah jalan ada rintangan dan hambatan yang mengancam bisnis sampingan kamu. Biar lebih semangat, tetapkan harapan yang realistis untuk mengukur kesuksesan perjalanan bisnis. Tetap fokus dan ingan tujuannya, agar terus termotivasi.




Mengenal Jenis Investasi, Saham atau Reksadana yang Aman untuk Pemula?

Sebelumnya

Ingin Tidur Nyenyak dan Nyaman, Kenali Jenis Kain yang Cocok untuk Seprai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family