post image
Ilustrasi me-time di perpustakaan/Net
KOMENTAR

HARI ini diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan, hari istimewa bagi insan perpustakaan, baik pustakawan maupun para pegiat literasi. Landasan hukum diperingatinya hari ini adalah Ketetapan Presiden Soeharto pada Kepala Perpustakaan Nasional RI dengan surat No 020/A1/VIII/1995 tertanggal 11 Agustus 1995, tentang Usulan Pencanangan Hari Kunjung Perpustakaan pada 14 September 1995.

Di antara beberapa fungsi perpustaan yang paling diingat adalah tempat membaca buku, penelitian, dan sejenisnya. Padahal, fungsi perpustakaan yang harus diperhatikan adalah sebagai tempat rekreasi.

Di perpustakaan ada banyak buku yang bisa dijadikan literasi. Tidak melulu buku pendidikan atau sejarah, tapi di perpustakaan juga menyimpan buku-buku unik tentang hubungan keluarga, psikologi kebahagiaan, dan sebagainya.

Tempat Me-Time Paling Pas

Salah satu fungsi perpustakaan adalah sebagai tempat me-time yang paling oke. Suasana hening di perpustakaan, bisa kamu manfaatkan untuk rehat atau rileks setelah seharian berkutat dengan pekerjaan dan kemacetan.

Saat ini, perpustakaan dilengkapi dengan media audio visual (TV, VCD) dan ada juga yang dilengkapi dengan warnet. Jadi, pengguna bisa memanfaatkan perpustakaan secara maksimal, tanpa harus berpindah tempat, untuk mendapatkan semua informasi yang diperlukan.

Bekerja dan Belajar

Di perpustakaan, kita juga bisa belajar dan bekerja. Perpustakaan sekolah, misalnya, dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar, mengenalkan berbagai macam bacaan, dan meningkatkan minat baca siswa.

Di luar sekolah, perpustakaan dimanfaatkan oleh mereka yang sudah bekerja untuk menambah ilmu dan keterampilan. Sebab, perpustakaan punya fungsi penelitian atau sebagai sumber informasi, yang bisa diberdayakan untuk kepentingan-kepentingan penelitian dan lain sebagainya.

Mencari Referensi Data

Di perpustakaan, kamu tentu bisa mencari referensi data dari banyak sumber. Maklum saja, perpustakaan punya fungsi informatif, artinya informasi yang dibutuhkan pengguna dapat dicari di perpustakaan.

Tiap orang tentu membutuhkan informasi yang berbeda-beda. Ada yang tentang obyek wisata, jadwal penerbangan, fasilitas kesehatan, dan lainnya. Ya, perpustakaan memang tidak hanya menyediakan informasi tentang koleksinya, tapi juga soal lingkungan sekitar.

Kalau kamu, apa nih yang biasanya dilakukan di perpustakaan?




Segudang Manfaat Vetsin untuk Kesuburan Tanaman, Perhatikan Cara Menggunakannya!

Sebelumnya

Mengenal Love Archetype, Pasangan Kamu Tipe yang Mana?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family