Cintai diri sendiri dan nikmati segala prosesnya/Net
Cintai diri sendiri dan nikmati segala prosesnya/Net
KOMENTAR

DALAM hidup, satu hal yang penting adalah bagaimana kita bisa mencintai diri sendiri, menghargai diri sendiri, dan kemudian menikmati perjalanannya.

Tapi untuk mencintai diri sendiri dan menerima segala kekurangan dan kelebihannya, bukanlah hal yang mudah. Sebab sebagai mahluk sosial, manusia acapkali berpedoman pada apa yang menjadi pandangan orang lain.

Terlalu sibuk dengan pendapat orang, kemudian berusaha untuk menjadi yang masyarakat inginkan, adalah salah satu bukti bahwa kita tidak bisa mencintai dan menghargai diri sendiri.

“Aku rasa, seluruh masa remajaku, aku selalu berusaha membuktikan ke orang lain bahwa aku bukan seperti yang mereka bayangkan. Dan itu sangat menyebalkan,” kata Cinta Laura Kiehl, mengutip Instagram @narasi.tv.

Menurut Cinta, sebenarnya kita tidak perlu tahu membuktikan apapun ke siapapun. Satu-satunya orang yang perlu kita buktikan sesuatu, itu adalah diri sendiri.

“Kalau buat diri aku sendiri adalah belajar untuk mencintai diri sendiri. Dan progress yang aku alami adalah bisa menerima bahwa apa yang kita inginkan tidak bisa selalu dicapai. Nikmati perjalannya,” ujar Cinta.

Untuk bisa mencintai diri sendiri memang bukan perkara mudah. Self love bisa jadi sulit dilakukan, karena ada perasaan kita tidak cukup baik atau perasaan bersalah saat mengutamakan kebutuhan pribadi.

Tapi, kita tetap bisa mempraktikkan self love dengan cara berikut ini:

  • Praktikkan merawat diri, dengan cara jalan-jalan, masak masakan kesukaan, menonton acara TV kesukaan, olahraga, atau bermain.
  • Belajar kesadaran diri, caranya dengan meditasi, tarik napas dalam-dalam, dan perhatikan panca indera.
  • Berani bersikap tegas, dengan berani mengatakan tidak tanpa rasa bersalah, membuat keputusan, dan mempertahankan diri.
  • Stop membandingkan diri dengan orang lain.
  • Jauhi orang yang toxic.

Tidak penting seberapa pentingnya penilaian orang lain terhadap kita. Selama tidak melanggar norma agama dan nilai-nilai yang ada di masyarakat, mementingkan diri sendiri, mencintai dan menghargainya, adalah hal terbaik untuk memberikan penghormatan kepada diri sendiri.

Nikmati segala prosesnya, sehingga kita bisa semakin menyayangi diri sendiri.




Memilih Alpukat yang Tepat untuk Disantap

Sebelumnya

Tak Perlu Dicuci, Ini Cara Membersihkan Daging Sebelum Dimasak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family