Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SEPERTI halnya Bunda, peran Ayah dalam tumbuh kembang anak juga sangat penting. Terutama anak laki-laki, kehadiran sosok ayah membuat anak-anak belajar banyak hal tentang dunia nyata.

Ross Parke, PhD, seorang profesor psikologi dari University of California, AS mengatakan, anak laki-laki yang mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang konsisten dari ayahnya memiliki nilai akademik yang lebih baik, lebih sedikir memiliki masalah dengan teman sebaya, dan lebih kecil kemungkinannya untuk berperilaku negatif.

Untuk memenuhi itu, ayah perlu memerhatikan kebutuhan anak laki-lakinya, seperti:

1. Ayah selalu hadir untuknya
Kehadiran ayah secara fisik di segala bidang kehidupan anak laki-laki, seperti pendidkkan, hobi, dan kehidupan sosialnya, dapat membentuk kepercayaan diri anak laki-laki.

2. Punya hobi bersama
Kenali apa yang disukai anak laki-lakimu dan kembangkan menjadi hobi bersama. Habiskan waktu berdua agar anak juga bisa meneladani sifat dan sikap Ayah.

3. Butuh figur pemimpin yang melayani
Anak laki-laki butuh melihat Ayah sebagai figur pemimpin yang tisak otoriter, namun yang mampu melayani semua kebutuhan anggota keluarga demi kebaikan bersama.

4. Butuh didengar
Anak laki-laki umumnya bermasalah dengan komunikasi efektif. Karena itu, belajarlah untik mendengarkan pembicaraan anak laki-lakimu dan jangan memberi solusi jika tidak dimintanya.

5. Butuh untuk berdiskusi
Misalnya tentang relasinya dengan teman laki-lakinya, atau bahkan diskusi tentang edukasi seks. Coba berusaha untuk lebih terbuka.

6. Cintai ibunya
Dengan begitu ia akan punya fondasi yang kuat tentang menghargai dan memerlakukan perempuan.

7. Ceritakan kegagalan Ayah
Kegagalan adalah salah satu cara untuk belajar. Bagikan kisah kegagalan Ayah agar anak bisa belajar mencari solusi dari kegagalan.

8. Fokus pada hal positif
Selalu apresiasi anak atas keberhasilan yang dilakukannya, dan jangan menghakimi atas apa yang belum bisa mereka lakukan.

9. Bersikap baiklah pada orang lain
Berikan senyum Ayah, bantu orang lain, berikan empati, dan hal positif lainnya.

Ayah, jadilah contoh yang luar biasa untuk anak laki-laki Anda. Bimbing mereka hingga menjadi pria dewasa yang bertanggung jawab, peduli, dan penyayang.
 




Jadilah Sahabat Terbaik Anak

Sebelumnya

Mengajarkan Adab kepada Anak Seperti Pesan Buya Hamka

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting