post image
Desainer Nydhi Citra Asara/ Foto-foto: Agung Hadiawan
KOMENTAR

DESAINER Nydhi Citra Asara lewat brand NydMe menghadirkan koleksi "Elegant Ethnic" dalam fashion show Heritage of Indonesia dalam rangka ulang tahun ke-3 komunitas Pelangi Wastra Indonesia yang digelar di Goodrich Suites Artotel Portfolio, Jakarta (24/1/2022).

Dalam acara istimewa tersebut, Citra memadukan sentuhan kain tenun Endek Bali dengan bahan lace dan chiffon, dihiasi beragam motif dan corak yang memenuhi busana. Untuk warna, Citra memilih biru yang menenangkan.

Sang desainer menciptakan tiga model gaun untuk dikenakan dalam berbagai occasion. Dengan model dan styling yang anggun, tiga looks karya Citra berkesan elegan namun tetap kekinian.

Endek adalah kain tenun asal Bali yang merupakan karya seni rupa terapan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Endek berasal dari kata "gendekan" atau "ngendek" yang bermakna diam, tetap, tidak berubah warna.

Aktivitas menenun Endek dapat dijumpai di sejumlah tempat di Bali seperti Denpasar, Gianyar, Klungkung, Karangasem, juga Jembrana. Tenun ikat Endek dibedakan di setiap daerah pembuatnya. Misalnya, kain tenun yang dibuat di Gianyar dikenal dengan Endek Gianyar.

Citra bersama 9 desainer Pelangi Wastra Indonesia lain yaitu Leny Rafael, Adelina, Putri Permana, Lala Gozali, Arfiani, Dwi Lestari Kartika, Riris Ghofir, Ning Santoso, dan Gita Orlin menampilkan karya terbaik mereka di hadapan istri Menteri Investasi/ Kepala BKPM Sri Bahlil Lahadalia, Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati, serta sejumlah tamu istimewa lainnya.

Beragam koleksi dari 10 desainer Pelangi Wastra Indonesia tersebut diharapkan mampu menggugah semakin banyak pecinta fesyen untuk bangga dan membeli produk karya anak bangsa.

There's no better way to celebrate patriotism than to respect your ethnic culture. Wear it with pride, like I do.

Itulah sebuah caption dalam akun Instagram @nyd.me yang menggambarkan kecintaan Citra akan kain adati Nusantara.

Demi mempromosikan kain tradisional Indonesia, terutama untuk generasi muda, brand yang diusung Citra banyak mengeksplorasi wastra tradisional ke dalam busana bergenre formal hingga casual, mulai dari gaun dan tunik hingga aneka outer seperti blazer dan jaket.



Close X

Uniknya Color Splash ala Rose.Ma.Lina x Sofie

Sebelumnya

Terinspirasi Kubus Rubik, Siswa SMKN 3 Blitar Hadirkan Urban Casual Style di Panggung MUFFEST+ 2022

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Fashion