Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SAYUR merupakan bahan makanan yang dipercaya memiliki sejumlah manfaat baik bagi tubuh. Tapi seringkali, Bunda salah paham tentang bagaimana mengolah dan mengonsumsinya dengan tepat.

Ada beberapa sayur yang sebenarnya tidak perlu dikupas bagian kulitnya, karena di bagian itu banyak sekali kandungan yang tak mudah larut dan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sayuran apa saja?

1. Wortel

Kulit wortel kaya akan polyacetylenes, yaitu zat yang memiliki kandungan anti jamur, anti bakteri, dan anti peradangan. Zat ini juga sedang diteliti di laboratorium, karena berpotensi membunuh sel kanker.

Polyacetylenes hanya terdapat di bawah kulit wortel. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengupas kulit wortel jika ingin mengonsumsinya. Jika tidak suka, kupas tipis saja bagian luarnya sehingga tidak membuat kulit bagian dalam yang mengandung polyacetylenes tersebut.

2. Kentang

Banyak Bunda yang beranggapan kulit kentang itu kotor, sehingga kulitnya perlu dibuang. Padahal di dalam kulit kentang tersebut terdapat banyak serat, zat besi, dan folat yang penting untuk tubuh.

3. Mentimun

Ada beberapa orang yang mengupas kulit mentimun saat akan mengonsumsinya. Padahal, makan timun dengan kulitnya sangat bermanfaat untuk tubuh. Makan mentimun tidak menyebabkan dehidrasi, karena banyaknya kandungan air di dalamnya. Juga, berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

4. Terong

Banyak anggapan makan terong akan membuat lemas. Pendapat ini salah, ya Bunda! Sebab faktanya makan terong sangat bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan.

Terong mengandung antioksidan yang disebut nasonim, yang berfungsi untuk mengurangi risiko kanker otak dan sistem saraf. Jika dikonsumsi dengan kulitnya, maka tanda-tanda penuaan tidak akan terlihat.

5. Lobak

Cukup mudah menemukan sayuran ini di pasar. Sayuran ini mengandung serat, magnesium, riboflavin, kalium, folat, seng, vitamin B6 yang sangat penting untuk kesehatan. Asalkan, jangan dikupas kulitnya, ya!

 




Memilih Alpukat yang Tepat untuk Disantap

Sebelumnya

Tak Perlu Dicuci, Ini Cara Membersihkan Daging Sebelum Dimasak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family