Inka Christie dan Mendiang Nike Ardilla/ Net
Inka Christie dan Mendiang Nike Ardilla/ Net
KOMENTAR

MENGENANG hari kelahiran Nike Ardila, 27 Desember, penyanyi sekaligus sahabatnya, Inka Christie, mempersembahkan sebuah proyek kolaborasi dalam single berjudul "Cinta Kita".

Lagu ini sempat dipopulerkan oleh Inka dan Amy Search, penyanyi asal Malaysia. Namun saat mendiang Nike masih hidup, ia juga sempat menyanyikannya. Itu alasan mengapa "Cinta Kita" dijadikan proyek duet antara Inka dengan Nike.

Proyek ini dianggap Inka sebagai mimpi yang terwujud. Sebab sampai sang legenda wafat, ia mengaku belum kesampaian berkolaborasi.

"Walaupun sering ketemu, tapi kita enggak pernah berduet, karena punya karakter yang berbeda. Waktu itu ada om Deddy Dores yang bikinkan lagu untuk kami (masing-masing). Katanya kami punya karakter berbeda, tapi enggak menutup kemungkinan berkolaborasi," kata Inka dalam konferensi pers yang diadakan secara virtual, Senin (28/12) lalu.

"Sekarang Nike nya sudah enggak ada, kesempatan itu malah datang. Senang aja bisa kolaborasi berdua, akhirnya. Karena dulu belum ada izin Allah, walaupun sekarang dipersatukan dan Nike enggak ada," lanjut dia.

Bukan perkara mudah bagi Inka untuk bisa berkolaborasi dengan sahabatnya yang sudah meninggal dunia pada 19 Maret 1995 itu. Padahal biasanya tidak ada kesulitan yang berarti.

"Kesulitannya itu lebih pada hati. Sebelumnya kan kita dengerin suara beliau dulu dan di situ Inka sempat minta izin ke belakang untuk menenangkan hati," ceritanya.

Inka memang memiliki jaminan emosional yang sangat erat dengan Nike. Karenanya, tak terasa air matanya mengalir deras mendengar suara sang sahabat menyanyikan lagu "Cinta Kita". Suaranya bahkan sempat tak keluar karena harus menahan tangis.

"Inka ngerasa di situ kita benar-benar kolaborasi. Nike nya ada. Lagi nyanyi, setop lagi. Itu aja kesulitannya. Takutnya hasilnya enggak bagus, karena ada getaran suara yang bikin sengau," ujar Inka.

Dalam kesempatan yang sama, A&R Musica Studio Arlan Djoewarsa mengaku, bahwa penggarapan lagu tersebut memang cukup menantang. Salah satunya ketika mencari footage video milik Nike Ardilla yang sesuai dengan lagu tersebut.

Apalagi Nike memang tidak pernah membuat video klip lagu tersebut. Jadi, butuh waktu satu Minggu untuk mengumpulkan footage video dengan gerak bibir Nike yang sesuai dengan lagu.

"Tantangannya seru banget. Di video klip itu, bagaimana kita bisa menghadirkan kembali sosok Nike Ardilla," tutur Arlan.

Untuk musik, tidak ada perubahan besar. Arlan dan tim tetap mempertahankan beberapa sentuhan orisinilnya. Lead gitar yang cukup melekat di lagu itu juga dipertahankan.

"Nike merekam masih dengan rekaman pita, temponya kadang suka enggak konsisten. Kualitasnya juga berubah, kita harus sesuaikan temponya. Karena kalau enggak, berubahnya signifikan. Secara sound kita kasih sentuhan elektronik di belakang, supaya dibikin relevan dengan masa kini," ujarnya.

"Cinta Kita" kini sudah bisa didengarkan di seluruh platform musik digital. Video klipnya bahkan sudah tayang di kanal YouTube Musica Studio's.




Taylor Swift (Lagi-Lagi) Cetak Sejumlah Rekor Lewat Album Terbarunya, The Tortured Poets Department

Sebelumnya

Perjalanan Karier Widuri Puteri, Tuai Banyak Pujian Berkat Aktingnya di Film “Siksa Kubur”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment