post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

TIDUR merupakan aktivitas yang dibutuhkan untuk tubuh kita guna mengembalikan kebugaran. Namun, ada tujuh adab bangun tidur yang dilakukan Rasulullah SAW, yang bisa kita ikuti untuk memperoleh manfaat yang luar biasa.

Dalam akun YouTube pribadinya, Aa Gym mengupas tujuh adab bangun tidur sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW, yaitu:

1. Duduk lalu mengusap wajah

Rasulullah SAW bersabda: Ibnu Abbas, semoga Allah ridho kepadanya berkata, "Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam Rasulullah SAW bangun, kemudian beliau duduk lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya" (HR Ahmad).
Bangun lalu berdiri dan berjalan itu berbahaya. Pelajari betapa hikmah Rasulullah SAW menganjurkan duduk karena itu baik dan benar menurut ilmu kesehatan.

2. Doa

Nabi Muhammad SAW ketika bangun tidur beliau membaca doa, "Segala puji bagi Allah yang telah membangunkan kami Setelah menidurkan kami dan kepada-Nya kami dibangkitkan". (HR Bukhari)

"Ya Allah, alhamdulillah engkau sudah hidupkan setelah engkau mematikan dan kepadamu lah kembali. Bangunlah dengan rasa syukur yang paling dalam," ucap KH Abdullah Gymnastiar.

3. Baca 10 ayat terakhir Surat Ali Imran

Ibnu Abbas berkata, "Beliau (Rasulullah SAW Duduk lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya. Kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran." (HR Bukhari)

"Sesungguhnya, dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal," (Qs Ali Imran: 190)

"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka (Qs Ali Imran: 191)

"Dan selanjutnya, dan usahakan untuk di hapal," saran pemilik Ponpes Daarut Tauhid Bandung ini.

4. Cuci tangan

"Cuci tangan lah 3 kali, karena kita tidak tahu tangan ini ada di mana," ujar dia.
Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, "Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: apabila kalian bangun tidur, maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke wadah sebelum dia mencucinya 3 kali, kerena dia tidak tahu di mana tangannya semalam berada." (HR Bukhari dan Muslim)

5. Masukkan air ke hidung (istinsyaq) 3 kali

Menurut Rasulullah SAW, di hidung lah biasa tempat setan berpangkal saat kita tidur.

Sabda Rasulullah SAW, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: "Apabila kalian bangun tidur, maka bersihkan bagian dalam hidung 3 kali, karena setan bermalam di rongga hidungnya," (HR Bukhari dan Muslim)

6. Bersiwak atau menggosok gigi

Nabi Muhammad SAW apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak (HR Bukhari dan Muslim)

7. Berwudhu

Sabda Rasulullah SAW, dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Setan mengikat tengkuk kepala seseorang di antara kalian ketika sedang tidur dengan 3 ikatan. Pada tiap ikatannya ia mengatakan: "Malammu masih panjang, teruslah tidur". Maka jika orang tersebut bangun kemudian ia berzikir pada Allah, terbukalah satu ikatan. Kemudian Jika ia berwudhu, terbukalah satu ikatan lagi. Kemudian jika ia shalat, terbukalah seluruh ikatan. Sehingga ia pun bangun dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Namun jika tidak melakukan demikian maka biasanya ia akan terbangun dalam keadaan buruk jiwanya dan malas." (HR Bukhari dan Muslim)

Begitulah 7 adab yang dilakukan Rasulullah SAW, agar bangun tidur kita benar-benar menjadi amal sholeh, agar bangun kita betul-betul penuh rasa syukur kepada Allah dan itu membuka pintu nikmat. Agar bangun kita penuh doa, agar hari-hari yang kita jalani penuh berkah. Hidup bahagia itu mulia, hidup selamat dunia akhirat dengan mengamalkan sunnah Rasulullah SAW. (F)

 

Close X

Asma' Binti Yazid, Jubir Handal di Zaman Rasulullah

Sebelumnya

Rezeki Terbesarmu Adalah Anakmu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Islam