Ilustrasi cuaca panas terik/Unsplash
Ilustrasi cuaca panas terik/Unsplash
KOMENTAR

DI cuaca panas seperti ini, tubuh lebih rentan mengalami dehidrasi, terutama jika melakukan aktivitas di luar ruangan yang dapat meningkatkan kehilangan cairan.

Dehidrasi tidak bisa dianggap enteng karena kondisi ini dapat berdampak serius bagi kesehatan karena dapat mengurangi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Berikut tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat cuaca sedang panas

Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih dapat menjaga asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan untuk minum air secara teratur minum setidaknya 8 gelas per hari agar tubuh tetap terhidrasi.

Konsumsi buah dan Sayur- Sayuran

Konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air dapat membantu menjaga hidrasi saat cuaca panas. Perbanyak konsumsi buah-buahan seperti semangka, melon dan jeruk untuk membantu menggantikan cairan yang hilang melalu keringat.

Selain itu, sayuran seperti timun, selada, dan tomat juga dapat menambah kadar air dan nutrisi penting lainnya, mengatur pola makan yang sehat sehari-hari dapat mencegah dehidrasi saat cuaca panas atau saat aktivitas secara fisik.

Kurangi Konsumsi Kafein

Kurangi konsumsi minuman seperti kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya karena itu semua memiliki efek diuretik yang meningkatkan produksi urine dan menyebabkan kehilangan cairan tubuh. Sebagai gantinya, disarankan untuk meningkatkan konsumsi air putih di saat cuaca panas.

Kenali  Gejala Dehidrasi

Penting untuk mengetahui gejala dehidrasi guna mencegahnya. Gejala yang paling umum dirasakan di antaranya pada bagian mulut dan kulit terasa kering, haus berlebihan, urine berwarna gelap, kepala terasa pusing.

Dengan mengenali gejala dehidrasi kita jauh lebih memahami kebutuhan yang harus diperhatikan dalam mengambil langkah-langkah untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Tips Khusus Cegah Dehidrasi bagi Jemaah Haji

Bagi jemaah haji Indonesia yang mulai berangkat ke Tanah Suci pada 12 Mei 2024, sangat penting untuk menjaga hidrasi tubuh karena cuaca panas menyengat. Berikut ini beberapa hal khusus yang bisa dijalankan agar ibadah tidak terganggu.

  • Minum setiap 15 menit dan pastikan minum dua kali lipat (2 x 1,5 liter) dari kebutuhan hidrasi harian.
  • Mengutamakan mengonsumsi makanan segar, bukan fast food atau frozen food.
  • Jangan terlalu banyak makan kurma, terutama penderita diabetes.
  • Pastikan mengonsumsi asupan nutrisi seimbang.

Dehidrasi bisa terjadi pada siapa pun, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak dan orang tua. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup cairan saat cuaca sedang panas. Penting pula untuk selalu waspada terhadap gejala dehidrasi agar kita dapat mengatasinya dengan tepat.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health