Imunisasi cegah banyak penyakit menular/Freepik
Imunisasi cegah banyak penyakit menular/Freepik
KOMENTAR

MASIH ada orang tua yang enggan memberikan imunisasi karena takut biayanya mahal? Pemerintah saat ini memiliki program berupa semua imunisasi itu bisa didapatkan secara gratis tidak dipungut biaya sama sekali.

Program ini berlaku di posyandu, puskesmas, atau fasilitas kesehatan pemerintah lainnya.

Pelayanan Imunisasi wajib diberikan kepada anak bayi dan balita secara rutin yang bertujuan melindungi dari penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi.

Imunisasi rutin sendiri terdiri dari Imunisasi Dasar, Imunisasi Lanjutan dan Imunisasi Sehat. Disarankan sebelum pemberian Imunisasi perlu dilakukan prosedur skrining agar dapat menilai kondisi sasaran. Prosedur skrining sasaran meliputi: Kondisi sasaran, Jenis dan manfaat Vaksin yang akan diberikan.

Pemberian Imunisasi disesuaikan dengan usia anak. Untuk imunisasi dasar lengkap, bayi yang berusia kurang dari 24 jam diberikan Imunisasi Hepatitis B (HB-0), Usia 1 bulan akan diberikan (BCG dan Polio 1), Usia 2 bulan diberikan (DPT-HB-Hib 1 dan Polio 2), Usia 3 bulan diberikan (DPT-HB-Hib 2 dan Polio 3), Usia 4 bulan diberikan (DPT-HB-Hib 3 dan Polio 4 dan IPV atau Polio suntik), dan Usia 9 bulan diberikan (Campak atau MR).

Untuk Imunisasi lanjutan, bayi bawah dua tahun (Baduta) usia 18 bulan diberikan imunisasi (DPT-HB-Hib dan campak/MR),

Imunisasi sehat diberikan pada anak berusia sekolah dasar, kelas 1 SD/madrasah/sederajat diberikan (DT dan Campak/MR), Kelas 2 dan 5 SD/madrasah/sederajat diberikan (Td), khusus perempuan diberikan imunisasi HPV.

Vaksin HB diberikan untuk mencegah penyakit Hepatitis B yang dapat menyebabkan pengerasan hati dan berujung kegagalan fungsi hati dan kanker hati.

Imunisasi BCG (Bacillus Calmette Guerin) berfungsi untuk mencegah penyakit tuberkulosis. Imunisasi Polio tetes diberikan untuk mencegah lumpuh layu dan Imunisasi Polio suntik diberikan untuk kekebalan yang terbentuk semakin sempurna.

Vaksin DPT untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis (batuk rejan), dan Tetanus. Ketiga penyakit ini sangat mudah menyerang bayi dan anak.

Imunisasi MR yang bertujuan mencegah penyakit campak & Rubella (komplikasi radang, paru, radang otak, tuli dan kebutaan)

Ayo lengkapi Imunisasi secara rutin untuk melindungi Generasi Emas Indonesia dari penyakit yang berbahaya.




Menaker Ida Fauziyah di International Labour Conference 2024: Indonesia Usung Misi Perlindungan Pekerja, Kesetaraan, dan Keberlangsungan Usaha

Sebelumnya

KBRI Kairo Resmikan Gerai Ban dan Pelek Kendaraan Indonesia di Kota Madinaty Mesir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News