post image
KOMENTAR

KABAR duka datang dari dunia hiburan tanah air. Aktor FTV Ranza Ferdian meninggal dunia (Senin, 18 Februari 2019) dalam usia muda. Sakit yang diderita Ranza Ferdian adalah kelenjar getah bening.

Kanker kelenjar getah bening adalah tumor ganas yang terjadi pada sistem retikuloendotelial dan dapat dibagi menjadi dua jenis: Limfoma Hodgkin (HL) dan Limfoma non-Hodgkin (NHL).

Kanker kelenjar getah bening dikenal juga dengan istilah kanker limfoma, yaitu kanker darah dalam sistem limfatik yang menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening.

Kelompok kelenjar getah bening dapat ditemukan di leher, ketiak, selangkangan, perut, panggul dan dada. Kelenjar getah bening bersirkulasi di sel darah putih. Ketika konsentrasi sel darah putih meningkat sebagai bagian dari respons kekebalan tubuh terhadap virus atau infeksi, kelenjar getah bening bisa membengkak.

Gejala umum kanker kelenjar getah bening

Kanker kelenjar getah bening atau yang disebut dengan limfoma maligna akan menimbulkan keluhan utama yaitu benjolan yang tidak terasa sakit, cenderung membesar, dan menetap. Biasanya juga akan timbul keluhan lain seperti demam menggigil, penurunan nafsu makan dan berat badan, sering mengalami infeksi yang sukar sembuh, kelelahan yang sangat, batuk yang tidak kunjung sembuh, atau yang lainnya.

Namun, ciri-ciri kanker getah bening juga bisa berbeda-beda tergantung jenisnya, yaitu, kanker getah bening yang disebut limfoma Hodgkin dan limfoma non- Hodgkin. Kedua jenis kanker getah bening ini terlihat serupa, namun sebenarnya mereka punya ciri khusus yang berbeda.

Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening non-Hodgkin

Kanker getah bening non-hodgkin dapat menyebabkan beragam tanda dan gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi kanker berkembang. Dalam beberapa kasus mungkin kanker tidak menimbulkan gejala apapun sampai kanker berkembang cukup besar.

Mengenal Transplantasi Sumsum Tulang Belakang

Sebelumnya

Mengapa Sulit Mengubah Perilaku Makan?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health World