Ilustrasi suasana ruang kelas yang kosong/ Net
Ilustrasi suasana ruang kelas yang kosong/ Net
KOMENTAR

PIHAK berwenang di Belanda menutup sementara tiga sekolah dasar, di Amsterdam, Beemster dan Panningen, setelah beberapa siswa dan anggota staf terinfeksi virus corona.

Di sekolah dasar De Blauwe Morgenster di Beemster, anak pertama dinyatakan positif seminggu sebelum liburan musim semi. Kemudian, empat anggota staf dan satu pekerja magang dinyatakan positif dan telah menyebabkan lebih dari tiga puluh keluarga masuk ke karantina, sebagian besar karena orang dewasa tertular virus tersebut. Di sekolah di Beemster, wabah terkonsentrasi pada tiga kelompok.

De Blauwe Morgenster tidak diizinkan membuka pintunya pada Senin lalu dan harus menunggu hingga Jumat untuk mengizinkan anak-anak dari beberapa kelompok kembali ke sekolah.

Sekitar waktu yang sama, varian virus corona B117 juga menyebar di sekolah dasar Oostelijke Eilanden di Amsterdam. Lebih dari 50 siswa dan 15 guru dinyatakan positif. Empat dari enam kelompok pra-sekolah terpengaruh meskipun telah dilakukan tindakan pencegahan ekstra. Dalam satu kelompok prasekolah, hampir setengah dari anak-anak tertular penyakit tersebut.

Perlahan, tingkat infeksi di Oostelijke Eilanden tampaknya kembali turun.

“Kami menerima kabar tentang infeksi terakhir akhir pekan lalu; sepertinya ini mendekati akhir ”, kata Ingrid de Haan, direktur sekolah tersebut kepada media lokal, seperti dikutip dari NL Times, Sabtu (6/3).

 Beberapa kelompok yang lebih tua dapat kembali ke sekolah pada hari Senin. Sementara, anak-anak prasekolah harus menunggu sedikit lebih lama, karena banyak guru yang masih cuti sakit.

Sekolah dasar De Riet di Panningen harus ditutup pada hari Rabu, karena enam guru dan sejumlah siswa yang tidak diketahui positif mengidap virus corona. Virus menyebar terutama di salah satu bagian sekolah. Sampai semua hasil tes kembali, sekolah akan tetap tutup sebagai tindakan pencegahan.

“Ada juga orang yang dites negatif. Itu membuat situasinya tidak jelas. Virus tersebut kini telah menyebar di sekolah. Dan kami tidak tahu kapan seseorang terinfeksi ,” kata Dave Huntjes, presiden yayasan pendidikan, Prisma, kepada Limburg1. Seraya mengatakan bahwa bahwa mereka memiliki cukup anggota staf untuk melanjutkan pendidikan online.

Ketidakpastian tentang di mana dan kapan wabah mulai mengkhawatirkan beberapa orang. Dokter anak dan anggota Tim Manajemen Wabah, Karoly Illy, mengatakan bahwa hal ini seharusnya tidak mengejutkan.

“Ketika kami memutuskan untuk membuka kembali sekolah dasar, kami tahu apa yang akan terjadi. Kami tidak mengatakan bahwa risiko infeksi pada balita tidak ada sama sekali. Kami hanya mengatakan bahwa risikonya meningkat seiring bertambahnya usia anak-anak,” ujarnya.

Dia memperkirakan lebih banyak wabah di sekolah dasar dalam waktu dekat.

“Ini mengerikan tapi kita perlu melihat segala sesuatunya dalam perspektif,” katanya.

Menurut Lembaga Nasional untuk Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan (RIVM), tingkat infeksi di antara guru di dalam dan di luar sekolah berada pada 5,4 persen minggu lalu. Persentase tersebut masih lebih rendah dibandingkan orang yang bekerja di bidang pengasuhan anak lainnya, angkutan umum, kesehatan dan penegakan hukum.

Sebelum sekolah dibuka kembali, tingkat infeksi di kalangan guru mencapai 4,8 persen. 

 




Pemerintah Arab Saudi Larang Jemaah Haji Merekam Video Berdurasi Panjang, Simak Ketentuannya

Sebelumnya

Tokoh Pers dan Perfilman Nasional Salim Said Meninggal Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News