@dianapril75
@dianapril75
KOMENTAR

DESAINER Lita Berlianti menghadirkan koleksi istimewa “Kambang Goyang yang ditampilkan pada hari pertama Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2023 di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Lita memotret kecantikan sungai Barito saat matahari terbenam. Gradasi semburat warna jingga serta pantulan lampu-lampu dari deretan rumah terapung sepanjang sungai, ditambah angin sepoi-sepoi yang bertiup beriringan dengan ombak, membuat serangkaian tanaman enceng gondok bergoyang seolah menari mengikuti aliran ombak menambah keindahan sungai Barito di sore hari.

Semua keindahan alam tersebut menginspirasi Lita dalam menciptakan koleksi yang ditampilkan khusus untuk MUFFEST 2023. Semua keindahan alam itu dituangkannya dalam enam karya desain melalui wastra Sasirangan khas Banjarmasin.

Kambang Goyang dalam budaya Banjar adalah sebutan untuk tusuk konde pengantin wanita yang disematkan bersama rangkaian bunga Melati. Namun dalam desain Lita, Kambang Goyang yang dimaksud adalah bunga dari tumbuhan enceng gondok yang banyak dijumpai di sungai, di mana bunga ini bergoyang-goyang saat terkena ombak dari perahu yang lewat di sungai.

Motif bunga enceng gondok dan ombak sungai menjadi motif utama dalam desain kain Sasirangan yang dirancang Lita.

Kain Sasirangan merupakan salah satu kain khas daerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang dibuat dengan teknik tie dye seperti kain Shibori dari Jepang atau kain Jumputan dari Palembang.

Yang membedakan kain Sasirangan dengan kain tie dye lainnya adalah saat membentuk motifnya, perajin tidak hanya melakukannya dengan mengikat kain tersebut dan mencelupkannya dalam warna, tapi juga menggunakan teknik jahit, sehingga motif yang dihasilkan bisa lebih beragam dan terlihat jejak-jejak bentukan yang lebih halus dan lebih indah.

Pada koleksi ini, Lita Berlianti mengangkat kecantikan dan keanggunan Gadis Banjar dalam enam desain ready to wear berupa setelan celana dan tunik serta abaya dan outer menggunakan Wastra Sasirangan yang dikombinasikan dengan Poly-silk dan lace.

Secara keseluruhan, kombinasi bahan yang dihadirkan dalam siluet A yang longgar itu memberikan total look yang feminin dan elegan. Koleksi ini akan membuat penampilan perempuan Indonesia terlihat anggun dan menawan di momen Idul Fitri.

Lita Berlianti dikenal dengan busana bergaris desain unik, edgy, dan kekinian, dengan berbagai detail yang dibuat secara handmade. Ia banyak menggunakan Swarovski untuk menciptakan penampilan yang elegan dan berkelas.

Dalam berkarya, Lita selalu menghadirkan unsur etnik Nusantara berupa kain atau detail motif yang melambangkan kecintaannya pada wastra Nusantara.




Panduan Urutan Skincare Malam yang Efektif: Memaksimalkan Perawatan Kulit saat Beristirahat

Sebelumnya

Dian Pelangi, Sumber Inspirasi Outfit Elegan dan Memukau untuk Lebaran

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga