Busana untuk teman disabilitas/ REUTERS
Busana untuk teman disabilitas/ REUTERS
KOMENTAR

DESAINER Victoria Jenkins meluncurkan Unhidden: “A New Era of Fashion” di runway London Fashion Week pada Jumat (17/2/2023).

Unhidden sangat istimewa dan mengagumkan karena menjadi pakaian bergaya dan praktis yang dibuat untuk penyandang disabilitas. Diketahui, hingga saat ini para disabilitas biasanya membeli pakaian untuk tubuh ‘normal’, lalu memodifikasinya sesuai kondisi tubuh mereka.

Ada yang memotong bagian lengan menyesuaikan kondisi tubuh yang tanpa lengan. Atau memotong bagian bawah demi menyesuaikan kondisi tubuh yang tidak memiliki kaki utuh.

Fashion show ini menampilkan sekitar 30 model yang semuanya hidup dengan kondisi disabilitas, kondisi kronis, atau perbedaan yang terlihat.

"Unhidden adalah merek fesyen yang adaptif, terutama ditargetkan untuk terciptanya inklusi dalam fesyen penyandang disabilitas," kata Victoria kepada Reuters.

Dengan mobilitas yang berkurang, Victoria pertama kali menemukan celah di pasar pakaian yang dirancang dengan mempertimbangkan semua tubuh pada tahun 2016 selama ia dirawat di rumah sakit. Saat itu banyak pasien yang membicarakan perihal pentingnya memiliki pakaian yang bisa mengakomodasi kondisi disabilitas mereka.

Victoria terkejut karena hanya beberapa merek, termasuk Tommy Hilfiger, yang menawarkan mode seperti itu untuk semua orang. Kondisi itu membuatnya memutuskan untuk menggunakan pengalamannya berkecimpung di teknolog garmen untuk mendirikan mereknya sendiri.

"Ketika saya memiliki ide ini, ‘inovasi’ itu seperti bola lampu dan semuanya pun berubah. Ini membantu saya secara pribadi,  tetapi saya juga melihat dampak di sekitar saya dari orang-orang yang bisa berpakaian seperti yang mereka butuhkan,” ujar Victoria.

Desainer berbakat itu mendemonstrasikan kemeja biru royal dengan kancing pop yang dapat dibuka dan ditutup dengan mudah, karena orang yang mengalami stroke mungkin kesulitan menggunakan kancing.

“Kemeja itu juga memiliki bukaan di seluruh lengan sehingga siapa pun yang menjalani perawatan dapat mengakses lengan mereka tanpa melepas pakaian. Ini tentang harga diri," kata Victoria.

Model sekaligus content creator Jessica Ping-Wild, yang menggunakan kaki prostetik dan kesulitan menemukan celana yang cocok, mengatakan merek seperti Unhidden membuat perbedaan.

"Seorang desainer yang mempertimbangkan fakta bahwa tubuh itu berbeda... hampir mematahkan standar kecantikan yang telah tertanam dalam masyarakat selama berabad-abad," ujar Jessica.

Koleksi Unhidden juga mencakup kemeja dengan punggung lebih panjang untuk pengguna kursi roda serta jas yang dibuat khusus. Victoria berharap pakaiannya menjadi lebih mudah tersedia di masa depan.




Panduan Urutan Skincare Malam yang Efektif: Memaksimalkan Perawatan Kulit saat Beristirahat

Sebelumnya

Dian Pelangi, Sumber Inspirasi Outfit Elegan dan Memukau untuk Lebaran

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga