KOMENTAR

RATU Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun setelah kondisi kesehatannya terus menurun dan berada dalam pantauan tim medis. Sang Ratu tutup usia dengan tenang di Istana Balmoral, Skotlandia (8/9/2022).

Tim medis yang mendampingi Sang Ratu sebelumnya menyatakan kekhawatiran terhadap kondisi nenek Pangeran William tersebut namun mengatakan Sang Ratu terlihat tetap nyaman dan tenang.

Keempat anak Ratu Elizabeth dan Pangeran William telah berada di Balmoral menemani Sang Ratu. Pangeran Harry juga sudah terbang menuju Inggris.

Rakyat berkumpul di depan gerbang Balmoral dan di Istana Buckhingham, London sejak kabar kesehatan Sang Ratu semakin memburuk.

Tak hanya rakyat Inggris, warga Australia dan negara lain juga berkumpul bersama masyarakat lokal sebagai tanda penghormatan mereka terhadap Ratu Elizabeth.

Ratu yang memegang takhta terlama di Inggris selama 70 tahun itu menderita kondisi medis yang disebut sebagai "masalah mobilitas episodik" sejak akhir tahun 2021.

Kondisi kesehatan itu menyebabkan Istana Buckhingham membatasi aktivitasnya di acara-acara publik.

Sebelum menghembuskan napas terakhir, Sang Ratu sempat menerima audiensi dari Perdana Menteri Inggris yang baru, Liz Truss. Biasanya, audiensi dengan Ratu Elizabeth diadakan di Istana Buckingham, bukan di tempat lain.

Pada kesempatan itu, Liz menyampaikan ungkapan prihatin mewakili seluruh rakyat Inggris atas kondisi Ratu Elizabeth yang terus memburuk.

Dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II, maka anak laki-laki tertuanya, Charles, secara otomatis menjadi Raja Inggris.

 

 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News