Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

BUNDA punya kebiasaan tidur larut malam? Atau seringkali insomnia?

Susah tidur pada malam hari atau insomnia bisa menyebabkan tubuh kelelahan esok harinya. Bahkan dalam jangka panjang bisa menimbulkan penyakit kronis.

Tentunya tidak ingin demikian, bukan?

Nah, akupresur atau pijatan bisa mengatasi insomnia kamu. Titik akupresur bisa memicu saraf mengantuk sehingga bisa membantu penderita insomnia untuk tidur nyenyak.

Titik di bagian tubuh mana saja yang bisa memunculkan rasa kantuk itu?

1. Pergelangan tangan (spirit gate)

Titik spirit gate ada pada lekukan pergelangan tangan bagian luar, tepatnya di bawah jari kelingking. Untuk menemukan titiknya, kamu bisa meraba pergelangan tangan secara perlahan dengan menggunakan ibu jari.

Setelah menemukan titik yang dimaksud, ikuti langkah berikut:

- Tekan dengan lembut, lakukan gerakan memutar atau naik turun.
- Lakukan gerakan tersebut selama 2-3 menit.
- Selanjutnya, tekan dan tahan bagian kiri dari titik tersebut selama beberapa drtik, lalu lakukan pada bagian kanan titik.
- Ulangi seluruh langkah di atas pada pergelangan tangan sebelah kanan.

2. Pergelangan Kaki (Titik Tiga Yin)

Titik pergelangan tiga yin adanya di kaki bagian dalam, tepatnya bagian atas pergelangan kaki. Kalau kamu memijat titik ini, tidak hanya sensasi ngantuk yang didapat, tapi juga nyeri haid dan gangguan panggul akan lenyap.

Cara memijatnya:
- tempelkan 4 hari tangan pada bagian atas pergelangan kaki jika ingin menemukan titik persimpangan tiga yin. Titik ini ada pada jari teratas.
- Tekan titik tersebut dengan kuat dengan gerakan memutar atau naik turun.
- Lakukan selama 4-5 detik, lalu ulangi pada kaki satunya.

3. Leher bagian belakang

Titik ini terdapat di siai kanan dan kiri leher bagian belakang. Kamu bisa menemukannya dengan meraba sepasang tulang mastoid pada bagian belakang telinga. Kemudian susuri ke atas hingga kamu menemukan sepasang lekukan tepat di bawah kepala.

Lalu tekan kedua titik tersebut untuk merangsang kantuk. Cara ini efektif untuk kamu yang menderira insomnia akibat gangguan pernapasan di malam hari, misalnya akibat batuk.

Kemudian, tekan dengan kedua ibu jari titik yang sudah kamu temukan. Pijat dengan gerakan memitar atau naik turun selama 4-5 detik sambil mengatur napas.

4. Telapak kaki (bubbling spring)

Titik ini ada pada telapak kaki bagian atas dan terlihat jelas ketika jari kaki menekuk ke dalam. Pijatan pada titik bubbling spring dipercaya efektif untuk mengatasi insomnia karena dapat memancing kantuk.

Langkah-langkahnya:

- Berbaringlah terlentang. Raih kaki dengan satu tangan, lalu tekuk jari kaki ke dalam.
- Cari lekukan pada bagian atas telapak kaki. Tekan lekukan tersebut dengan dalam, lalu pijat selama beberapa menit menggunakan gerakan memutar atau naik-turun.

Akupresur merupakan cara alami yang cukup menjanjikan untuk mengatasi insomnia. Karena metode ini membantu tubuh lebih rileks, melancarkan peredaran darah, dan mengendurkan otot-otot sehingga tubuh lebih siap untuk tidur.

Namun, segera periksa ke dokter apabila insomnia berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan bertambah parah. Insomnia parah bisa menandakan kondisi yang lebih serius dan membutuhkan penanganan medis.
    




Memilih Alpukat yang Tepat untuk Disantap

Sebelumnya

Tak Perlu Dicuci, Ini Cara Membersihkan Daging Sebelum Dimasak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family