Vaksin Sinovac/ Net
Vaksin Sinovac/ Net
KOMENTAR

BICARA soal Sinovac, yang pada 6 Desember kemarin tiba di Indonesia, produsen vaksin Sinovac Biotech Ltd, menyatakan efektifitas vaksin yang diproduksinya belum diketahui.

Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Heriyanto juga menyampaikan hal yang sama. Hingga saat ini, efektivitas vaksin belum dipublikasikan.

"Belum dapat ditentukan saat ini dan masih harus menunggu data mencukupi. Uji klinis fase 3 masih berlangsung dan diperkirakan pada Januari 2021 ada interim report," kata Bambang.

Ya, uji klinis mulai masuk tahap pemantauan, efikasi, dan monitoring setelah 1 bulan penyuntikan yang ditujukan untuk melihat imunogenitas dan efikasi serta pengambilan darah selama 3 bulan.

Dan Bio Farma menyebut, tak ada laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius yang ditemukan pada semua relawan.

Untuk sampel darah para relawan, saat ini juga telah dikirimkan ke Balitbangkes untuk diuji netralitas terhadap virus Corona. Kemudian, tim uji klinis akan mengumpulkan data-data yang diperlukan guna membuat laporan interim ke BPOM. Seperti data efikasi setelah satu bulan penyuntikan dan data pengambilan darah setelah 3 bulan.

Seperti diberitakan, telah tiba 1,2 juta dosis vaksin dan menyusul 15 juta dosis dalam bentuk bahan baku (bulk). Dan sisa dari 3 juta dosis, yaitu 1,8 juta dosis kemasan singel dose akan tiba pada Januari 2021.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyebutkan, pemilihan vaksin haru memenuhi faktor unsur keamanan, kecepatan, dan bisa mandiri. Vaksin yang terpilih juga harus memiliki untur khasiat dan mutu yang terjamin oleh lembaga yang berwenang, yang harus dibuktikan dari serangkaian pengujian, dimulai dari pre-klinis, ujiklinis 1, 2, dan 3.

"Dilihat dari timeline atau progress pengembangan calon vaksin Covid-19 dari SinoVac, termasuk 1 dari 10 kandidat yang paling cepat yang sudah masuk ke uji klinis tahap 3," kata Honesti.

Dari sisi platform pembuatan vaksin yang menggunakan inactivated, sudah terbukti pada jenis-jenis vaksin yang lainnya dan sudah dikuasai oleh Bio Farma. Dan sistem mutu Sinovac juga sudah diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

 




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health