Ilustrasi sepatu/ Net
Ilustrasi sepatu/ Net
KOMENTAR

PARA ahli kesehatan terus mempelajari tentang virus corona atau Covid-19 karena penyebarannya yang begitu cepat. Para ahli mengatakan virus ini bisa bertahan di permukaan benda hingga plastik. Karena itu, sangat perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan diri dan benda-benda di sekitar rumah selama mengisolasi diri.

Dikutip dari Daily Star, virus corona bisa menular dan menyebar dari alas kaki yang kita gunakan ke kantor, swalayan, naik angkutan umum dan lainnya. Karena, virus tersebut bisa bertahan di kain sintetis yang biasanya merupakan bahan dasar dari sepatu selama 5 hari.

Dr Mary E. Schmidt mengatakan, bahwa virus corona bisa bertahan hidup di sepatu dan alas kaki lain selama 5 hari atau lebih. Sehingga ia menyarankan untuk meninggalkan alas kaki di luar pintu untuk mencegah virus corona menyebar dan mengkontaminasi isi dalam rumah.

Carole Winner, spesialis kesehatan masyarakat di Kansas City juga merekomendasikan hal yang sama seperti dr Mary. "Cara ini untuk mencegah mereka yang di dalam rumah tertular virus corona Covid-19," jelasnya.

Selain meletakkannya di luar, kamu juga disarankan mendisinfektan atau mencucinya menggunakan air dan sabun ketika kembali ke rumah. Dan itu dilakukan di luar rumah. Setelah itu, juga harus mencuci tangan pakai sabun dan air.

Begitu juga pendapat dari dokter kesehatan keluarga Georgine Nanos, yang mengatakan sepatu juga bisa jadi sumber penularan, terutama jika sering dipakai ke tempat umum. “Saat ini kita mengetahui virus corona bisa hidup di permukaan sampai 12 jam, kemungkinan lebih. Hal ini tentu saja berlaku pada permukaan sepatu,” katanya.

Droplet dari saluran napas yang mengandung virus corona bisa saja menempel di alas sepatu. Beberapa material, spandex misalnya, juga bisa menyimpan virus selama beberapa hari. Sepatu yang terbuat dari plastik dan material sinstetis juga bisa membawa virus aktif selama beberapa hari. Namun, masih perlu dibuktikan oleh penleitian. Bagian sepatu yang paling perlu diwaspadai tentu saja adalah solnya. Tidak hanya virus, tapi bagian ini juga dapat menyimpan bakteri dan jamur.

Penelitian yang dimuat oleh National Institute of Health menunjukkan, virus corona bisa hidup di permukaan kardus sampai 24 jam dan sampai tiga hari pada permukaan plastik dan stainless steel.

Sol sepatu pada umumnya dibuat dari material tidak berpori, seperti karet, kulit, atau yang mengandung PVC, dan dapat membawa kuman. Menurut penelitian tahun 2008, rata-rata sol sepatu memiliki sekitar 421.000 bakteri, virus, dan parasite. Namun, tidak semuanya berbahaya karena tubuh manusia memiliki kekebalan.

 




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family