Suasana yang nyaman serta pendampingan yang maksimal dari orangtua membuat School From Home berjalan efektif dan menyenangkan/ Foto: Farah
Suasana yang nyaman serta pendampingan yang maksimal dari orangtua membuat School From Home berjalan efektif dan menyenangkan/ Foto: Farah
KOMENTAR

SCHOOL From Home, istilah ini mendadak popular ketika pemerintah daerah di beberapa wilayah memutuskan meliburkan kegiatan sekolah dan menggantinya dengan belajar jarak jauh dari rumah. Keputusan ini diambil bertujuan mencegah penularan virus corona.

Menjalankan school from home bukan perkara mudah bagi setiap orangtua. Banyak yang tidak siap ketika mendadak menjadi “guru” bagi anak-anak mereka di rumah. Berikut beberapa cara agar anak disiplin belajar di rumah.

1. Menjelaskan Situasi Yang Terjadi Saat Ini
Jelaskan situasi yang terjadi saat ini pada anak mengenai social distancing dan aktivitas di rumah terkait virus corona atau covid-19. Berikan pemahaman bahwa anak tetap harus belajar di rumah. Jelaskan pula bahwa belajar di rumah merupakan salah satu bentuk pencegahan penularan virus corona. Tempat ramai seperti sekolah dan juga ruang publik lainnya dapat meningkatkan potensi penularan virus.

2. Keep In Touch Dengan Guru
Psikolog Personal Growth Gracia Ivonika menyarankan agar orang tua selalu aktif berkonsultasi dengan guru di sekolah. Tanyakan pada guru mengenai materi yang harus dipelajari anak, metode pembelajaran, serta tugas yang harus dikerjakan.
"Orang tua juga perlu berkoordinasi aktif dengan pihak sekolah," kata Ivonika seperti dilansir dari CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu. Beri tahu pula perkembangan anak selama belajar di rumah agar guru dapat mengantisipasi langkah pembelajaran selanjutnya.

3. Konsisten Pada Jadwal
Buatlah jadwal yang teratur seperti kegiatan di sekolah. Jadwal ini bisa mengikuti jadwal belajar anak di sekolah atau membuat jadwal belajar baru yang lebih fleksibel. Misalnya, seperti bangun pagi yang teratur, mandi, sarapan, belajar, istirahat dan bermain, dan belajar hingga waktu yang ditentukan, aktivitas bebas, mandi, dan tidur.

4. Belajar dan Bekerja Bersama
Aktivitas orang tua yang harus bekerja dari rumah bisa digabungkan dengan belajar bersama anak. Anak akan merasa lebih adil dan terpacu untuk belajar ketika orang tua juga ikut bekerja bersama. Jangan sampai anak diminta untuk belajar tapi orang tua justru asik chatting WA atau menonton drama.

5. Pandu Anak Belajar
Bantu pula anak untuk memahami materi yang dipelajari. Jelaskan dengan baik kepada anak tentang apa yang orang tua pahami. Jika tidak mengerti materi pembelajaran, jangan sungkan untuk bertanya pada guru atau mencari sumber yang tepat untuk menjelaskan materi pada anak.

6. Manfaatkan Media Pembelajaran Daring (online)
Orangtua juga bisa menerapkan media pembelajaran secara daring yang sudah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta sejumlah lembaga yang memberikan akses secara gratis seperti Zenius dan Ruang Guru. Manfaatkan metode pembelajaran ini sebaik mungkin untuk mendapatkan video dan gambar sesuai dengan materi yang dibutuhkan anak.

7. Suasana Harus Nyaman
Buat suasana yang nyaman untuk bekerja dan belajar di rumah. Beraktivitas di rumah berarti memiliki kebebasan dan keleluasaan untuk bereksplorasi. Orang tua bisa mengajak anak belajar di ruang keluarga atau pekarangan rumah untuk mendapatkan udara yang terbuka.
Menggunakan benda tambahan seperti bantal dan menyiapkan makanan ringan juga bisa dilakukan agar anak betah belajar.

8. Selingi Dengan Aktivitas yang Menyenangkan
Agar tidak membosankan, selalu siapkan aktivitas yang menyenangkan bersama anak. Aktivitas ini dapat pula menjadi hadiah atau imbalan ketika anak menyelesaikan sebuah tugas atau materi.
Aktivitas yang menyenangkan misalnya bermain video game dan menonton film. Jangan lupa untuk mengajak anak beraktivitas fisik dan berolahraga selama berkegiatan di rumah.

 




Jadilah Sahabat Terbaik Anak

Sebelumnya

Mengajarkan Adab kepada Anak Seperti Pesan Buya Hamka

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting