Pembalut wanita/Net
Pembalut wanita/Net
KOMENTAR

KABAR baik bagi para wanita Skotlandia. Pasalnya, parlemen di negara tersebut baru saja menyetujui Rancangan Undang-Undang untuk membuat produk sanitasi tersedia secara bebas untuk semua wanita.

Skotlandia merupakan negara pertama did unia yang mengambil kebijakan semacam itu.

Produk sanitasi yang dimaksud mencakup tampon dan pembalut wanita yang akan disediakan secara gratis untuk semua wanita di Skotlandia. Produk-produk tersebut nantinya akan tersedia di tempat-tempat umum yang ditunjuk seperti pusat komunitas, klub pemuda dan apotek.

Periode Produk (Ketentuan Gratis) RUU Skotlandia diusulkan oleh anggota parlemen Skotlandia Monica Lennon, yang pertama kali mengajukan rancangan proposal pada tahun 2017.

"Ini (produk sanitas) bukan barang mewah. Mereka memang penting dan tak seorang pun di Skotlandia harus pergi tanpa produk periode," kata Lennon, seperti dimuat Reuters.

"Kami mengubah budaya dan sangat menyenangkan bahwa negara-negara lain di seluruh dunia menyaksikan dengan sangat cermat untuk melihat apa yang kami lakukan," sambungnya.

Langkah ini sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru di Skotlandia. Pasalnya, sejak tahun 2018 lalu, Skotlandia juga menjadi negara pertama di dunia yang menyediakan produk sanitasi gratis di sekolah, perguruan tinggi dan universitas.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women