Sandra Day O'Connor Hakim Agung Perempuan Pertama AS/Net
Sandra Day O'Connor Hakim Agung Perempuan Pertama AS/Net
KOMENTAR

Ia adalah salah satu perempuan paling kuat di Amerika, di masanya. Ketika Presiden Ronald Reagan mengangkatnya ke Mahkamah Agung, peremuan kelahira El Paso, Texas, ini tidak hanya menjadi hakim wanita pertama di negara itu tetapi juga wanita paling berpengaruh di Amerika Serikat.

Sandra Day O'Connor  lulus dari Universitas Stanford pada 1950. Sejak diangkat oleh Reagan sebagai hakim agung pada 1981, Sandra mengabdikan dirinya pada pekerjaannya itu hingga pensiun pada 2006.
 
Selama 24 tahun lebih di Mahkamah Agung, ia adalah kendali bagi banyak masalah sosial besar, termasuk aborsi, tindakan afirmatif, dan kebebasan beragama.

O'Connor dilahirkan pada 1930. Ia tumbuh di sebuah peternakan seluas 198.000 hektar di Duncan, Ariz. Hidup dalam kesederhanaan di masa itu, rumah masa kecilnya tidak memiliki air bersih atau listrik sampai dia berusia tujuh tahun.

Orang tua Sandra melihat kecerdasan luar biasa dari putri sulung mereka, sejak Sandra berusia sekolah dasar. Untuk memberinya pendidikan yang baik, mereka mengirimnya untuk tinggal bersama neneknya di El Paso, Tex, di mana ia bersekolah di Radford School for Girls.

Dia baru berusia enam belas tahun saat masuk ke Universitas Stanford di Palo Alto, California. Dengan usia yang masih sangat muda, ia lulus dengan gelar sarjana ekonomi sebelum melanjutkan ke Stanford Law.

Ketika remaja banyak pria muda yang berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian O'Connor. Salah satunya, William Rehnquist orang yang kemudian menjadi Ketua Mahkamah Agung yang menjabat pada saat yang sama dengan O'Conner di MA AS. Namun, Sandra malah menerima pinangan dari teman sekelas di Stanford, John Jay O'Connor.

Sandra mengakui, tidak terbayangkan sebelumnya bahwa ia akan menjadi hakim wanita pertama di Mahkamah Agung A.S.

"Saya berharap bahwa saya telah menginspirasi orang-orang muda tentang keterlibatan sipil dan membantu membuka jalan bagi para wanita yang mungkin menghadapi hambatan dalam mengejar karier mereka. ”

Tatkala dia menjadi hakim di Mahkamah Agung AS, beberapa kali dia mendapat penghargaan sebagai salah satu di antara wanita paling kuat di dunia.

Jelang pensiun pada 2006, O'Connor menangani masalah yang selalu ia rasakan, mengembangkan pendidikan kewarganegaraan dasar di seluruh AS. Ia menciptakan iCivics, sebuah perusahaan nirlaba yang menggunakan game online untuk mengajarkan pelajaran kewarganegaraan.

“Kita harus menjangkau semua kaum muda kita, dan kita perlu menemukan cara untuk membuat orang — tua dan muda — lebih terlibat dalam komunitas mereka dan dalam pemerintahan mereka,” O`Connor menulis dalam suratnya yang baru-baru ini.

Pada 1 Juli 2005, ia mengumumkan niatnya untuk pensiun dan Samuel Alito dinominasikan untuk menggantikan duduknya pada Oktober 2005 dan bergabung dengan Pengadilan pada tanggal 31 Januari 2006.

“Beberapa waktu lalu, dokter mendiagnosis saya dengan tahap awal demensia, mungkin penyakit Alzheimer. Karena kondisi ini telah berkembang, saya tidak lagi dapat berpartisipasi dalam kehidupan publik," ujarnya mengenai alasan pengunduran dirinya.

Menjelang akhir masa jabatannya di Mahkamah Agung, O'Connor menghabiskan banyak waktu merawat suaminya, John, yang menderita demensia. Ia mengurus suaminya sendirian dengan penuh cinta.

Sebuah biografi mengisahkan perjalanan hidupnya; Sandra Day O'Connor oleh Evan Thomas berkisah tentang pandangan kehidupan, sebelum, selama, dan setelah kedatangannya di Washington, DC.

O'Connor adalah duta besar global untuk aturan hukum dan panutan bagi generasi wanita muda dan terinspirasi untuk percaya bahwa mereka dapat melakukan hal yang sama.

 




Indonesia Siapkan Gender Budget sebagai Tindak Lanjut Agenda CSW-68 New York tentang Pemberdayaan Perempuan & Pengentasan Kemiskinan

Sebelumnya

Nuzul Quran Masjid Al Hidayah: Quran dan Ibu sebagai Petunjuk Awal dan Madrasah Pertama Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women