Petai/Net
Petai/Net
KOMENTAR

SALAH satu bahan makanan yang kerap tersaji di meja makan orang Indonesia adalah petai, atau biasa juga kita sebut dengan nama pete. Tanaman ini biasa disajikan dengan berbagai cara, baik digoreng, direbus ataupun dibakar. Petai juga kerap kali disandingkan dengan sejumlah bahan makanan lainnya.

Aroma serta rasaya yang kuat membuat petai banyak digemari, namun tidak sedikit juga dibenci. Namun di balik aromanya yang kuat, petai ternyata memiliki kandungan yang baik untuk tubuh.  

Mengutip Wikipedia, Dr. Aminuddin AHK dari Departement of Physiologi Medical Faculty of Universitas Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur pernah menyebut bahwa petai dapat digunakan sebagai obat sejumlah penyakit, seperti anemia, stress, sindrom pramenstruasi, depresi, sakit perut, cacingan dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Pada petai, terdapat kandungan triptofan, yakni sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Hal inilah yang membantu tubuh menjadi rileks, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia sehingga membuat stress atau depresi berkurang.

Selain itu, mengutip Dokter Sehat, petai juga mengandung Vitamin B6 yang berfungsi mengatur kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat membantu mengatasi mood, terutama saat wanita sedang mengalami sindrom pramenstruasi.

Bukan hanya itu, petai juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat membantu tubuh menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

Petai juga memiliki kandungan kalium yang tinggi yang baik untuk mengatasi tekanan darah. Bahkan, petai juga dipercaya mampu menurunkan risiko stroke. Menurut riset diterbitkan di The New England Journal of Medicine, memasukan petai dalam makanan sehari-hari akan menurunkan risiko kematian karena stroke sampai 40 persen.

Di samping itu, kandungan serat yang tinggi pada petai dapat membentu tubuh untuk mempermudah buang air besar dan menormalkan kembali sistem pencernaan.

Selain itu, petai juga mengandung tiga macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi ini ternyata bisa membuat tubuh menjadi lebih bertenaga.

Jadi, masih mau meremehkan manfaat petai?




Yuk, Lindungi Mata dari Bahaya Sinar UV

Sebelumnya

Mitos Micin Bikin Bodoh, Ahli: Tidak Ada Kaitannya!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health