KOMENTAR

DIBERI rejeki lebih dari Allah tentu sangat membahagiakan. Apalagi ketika rejeki itu bisa untuk membeli mobil yang telah lama diidamkan.

Kendaraan, baik motor maupun mobil, penting dimiliki oleh seseorang untuk meringankan mobilitas. Juga tentunya untuk bisa menyenangkan keluarga  mengajaknya jalan-jalan.

Nah, jangan lupakan doa saat memiliki kendaraan baru.  Doa punya kendaraan baru juga diartikan sebagai syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.  Melalui doa tersebut kita berharap kendaraan itu akan selamat saat dikendarai dan mendatangkan berkah.


Selain untuk berkah, berdoa saat memiliki kendaraan baru juga dilakukan agar bisa selamat dalam perjalan. Berdasarkan kitab Al-Azkar, Imam An-Nawawi menganjurkan doa ini:

Arab: يستحب في الأول أن يأخذ بناصيته ويقول: اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ. وقد سبق في كتاب أذكار النكاح الحديث الوارد في نحو ذلك في سنن أبي داود وغيره

Artinya: Seseorang dianjurkan untuk pertama kali memegang jambul (bagian depan kepala unta) dan berdoa, 'Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya.

Ada juga doa lainnya, dilansir dari NU Online. Di dalam doa tersebut seseorang memasrahkan dirinya hanya kepada Allah SWT sebagai pencipta saat berkendara

Arab: اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ

Allâhumma innî as'aluka khairahû wa khaira mâ jubila alaih. Wa a'ûdzubika min syarrihî wa syarri mâ jubila alaih.

Artinya: Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya."

Dengan membaca doa ini, kita mengharapkan kendaraan baru ini membawa kemaslahatan dan mudah dikendalikan serta membawa keselamatan baik bagi pengemudi maupun penumpangnya.




Menyambungkan Jiwa dengan Al-Qur’an

Sebelumnya

Sempurnakan Salatmu Agar Terhindar dari Perbuatan Keji dan Mungkar

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur