post image
KOMENTAR

AKHIRNYA, Ancol bakal punya ikon baru yaitu Masjid Apung Ancol.

Sebagai lokasi wisata yang mumpuni dalam berbagai aspek, keberadaan masjid ini  diharap bisa memberi pengalaman baru bagi masyarakat dan mempermudah umat Islam di sekitar Ancol untuk melakukan ibadah.  Seperti yang diharapkan oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Juduf Kalla dalam sambutannya saat datang menghadiri acara groundbreaking masjid bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Sabtu (9/11). 

"Kita harap ada fenomena alam yang unik dirasakan masyarakat yang datang kunjungi. Posisinya di atas laut berdampingan dengan laut yang terbuka," ujar Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan hadir dalam acara  pemancangan tiang pertama (groundbreaking) Masjid Apung. Keduanya datang beriringan.

Anies dan JK kemudian masuk ke tenda VVIP secara berdampingan. Setelahnya, Anies dan JK menyempatkan diri melihat desain Masjid Apung Ancol. Lalu menuju tenda peresmian bersamaan. Acara groundbreaking diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'.
 

"Hari ini kita buat masjid ini sebagaimana masjid-masjid yang ada di Jakarta. Kita harap jadi ikon masjid Indonesia di masa depan, yang akan datang," kata Anies dalam sambutannya di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/11).

Proses pembangunan Masjid Apung Ancol direncanakan memakan waktu satu tahun. Nantinya area masjid akan memiliki luas 2.000 meter persegi, yang mampu menampung hingga 2.500 orang jemaah.

PT. Pembangunan Jaya Ancol ditunjuk sebagai pelaksana pembangunan tersebut.

Jusuf Kalla mengimbau agar kontraktor mengoptimalkan tiga aspek teknologi yang dibutuhkan dalam sebuah rumah ibadah umat Islam tersebut. Pertama, harus memperhatikan sisi mutu bunyi di dalam ruangam masjid. Sebab, mayoritas kegiatan yang ada di dalam masjid itu adalah mendengarkan.

Lalu, yang kedua kontraktor juga harus menggunakan teknologi untuk menjaga keasrian lingkungan di sekitar masjid.

Terakhir, ia berharap desain dari masjid itu harus menjadi contoh untuk pembanguan di daerah pesisir lainnya.

Jusuf Kalla berharap adanya Masjid Apung Ancol diharapkan dapat menepis persepsi bahwa desain masjid harus mencontoh desain dari masjid yang berasal dari negara Timur Tengah.

Pembangunan masjid ini diproyeksi menyedot anggaran hingga Rp50 miliar. Lokasinya yang menjorok dari daratan menjadikan masjid ini bangunan yang unik dan satu-satunya di Jakarta.(F)


 

Penderita Deformitas Ini Akhirnya Temukan Kebahagiaan

Sebelumnya

Ternyata Ular Tidak Pernah Ada di Beberapa Negara Ini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News World