post image
Reini Wirahadikusumah/Net
KOMENTAR

PENETAPAN hasil Sidang Pemilihan dan Penetapan yang dilakukan MWA ITB di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Jakarta, Jumat (8/11), memilih Prof. Reini Wirahadikusumah MSCE, Ph.D., sebagai Rektor ITB Periode 2020-2025.

Ini sekaligus merupakan pertama kalinya ITB punya rektor perempuan.  Terpilihnya Reini adalah sejarah tersendiri, seperti yang dikatakan Ketua MWA ITB Yani Panigoro.

"Sidang berjalan dengan lancar dan semua sepakat bahwa yang terpilih adalah Prof. Reini Wirahadikusumah," ujar Yani Panigoro dikutip dari laman ITB.

Sidang yang dilakukan secara tertutup  dihadiri oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. 

Yani Panigoro mengatakan, ke depannya rektor terpilih akan berkolaborasi dari sisi gagasan-gagasan yang telah diberikan oleh Calon Rektor ITB untuk kemajuan ITB dan Indonesia.

Sebelum terpilih menjadi rektor ITB, Reini menjabat sebagai Guru Besar di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan.

Reini telah berkiprah di kampus ITB selama lebih dari 25 tahun. Selain itu, Reini juga pernah mengikuti beberapa proyek. Terakhir, dia tergabung dalam proyek ENHANCE atau Enabling Humanitarian Attributes for nurturing Community-based Engineering.

Proyek ini merupakan kerja sama antara ITB dan Univeritas Warwick dalam bidang rekayasa kemanusiaan yang berlangsung selama tiga tahun dimulai dari tahun 2018.

Reini telah menerbitkan beberapa publikasi. Adapun beberapa di antaranya seperti A readiness assessment model for Indonesian contractors in implementing sustainability principles yang diterbitkan di International Journal of Construction Management pada tahun 2015. Kemudian, dia juga menerbitkan publikasi lain berjudul Performance-based contracting for roads - Experiences of Australia and Indonesia dalam jurnal Procedia Engineering tahun 2015.

Yani berharap, semoga dengan telah terpilihnya Reini sebagai Rektor ITB untuk lima tahun ke depan, akan membawa perubahan lebih baik bagi ITB yang akan ulang tahun ke-100 tahun. Sehingga itu menjadi tahun yang membuat ITB menjadi lebih baik lagi dan Indonesia menjadi lebih hebat.(F)

Walau Berkursi Roda Ia Nekad Ikut Ajang Kecantikan dan Masuk Top 10

Sebelumnya

Cerita Ibu Dengan Rahim Ganda, Melahirkan Buah Hati Setelah Enam Kali Keguguran

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women World