post image
RATU Tenny Leriva Herman Deru dan bersama empat kawannya dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang/Net
KOMENTAR

RATU Tenny Leriva Herman Deru berhasil menoreh prestasi di luar negeri.  Putri dari Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru ini mendapat medali perunggu dalam ajang Lomba International Genetecally Jambore (iGEM) di Boston, Amerika Serikat.

Ia bersama empat kawannya dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang berhasil memaparkan hasil penelitian model genetik pendeteksi kanker paru.

Paparan hasil penelitian dan ide brilian yang menginspirasi tim perwakilan dari Sumatera itu ternyata  mendapat apresiasi luar biasa dari dunia International.

Empat rekan lainnya yang menemani Ratu dalam lomba itu adalah Bella Stevanny, Aulia Ananditia Putri, Vincent Scorsinhi dan Peksi Saphira Miradalita

Mereka adalah peserta pertama yang mewakili Pulau Sumatera diajang iGEM yang keberangkatannya dilepas Gubernur Sumsel H. Herman Deru menuju Boston AS akhir Oktober lalu.

Gadis yang akrab disapa Iva menjelaskan, dalam kompetisi tersebut timnya dengan kompak merancang, membangun, menguji dan mengukur sebuah sistem rancangan menggunakan bagian biologis dan teknik biologi molekuler standar.

"Kami memodifikasi bakteri e.Coli untuk membuat alat diagnosis kanker paru-paru non invasif yang dapat mendeteksi early stagenya, kami juga harus melakukan kriteria human practice dimana kami berinteraksi langsung dengan para ahli pada bidang ini dan tentunya pada masyarakat,” ujar Iva.

Sebelum ikut dalam ajang iGEM, mereka telah mengadakan sejumlah seminar salah satunya seminar synthetic biologi pertama di Kota Palembang mengenai Kanker Paru-paru. Seminar itu bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai bahaya kanker paru.(F)

Walau Berkursi Roda Ia Nekad Ikut Ajang Kecantikan dan Masuk Top 10

Sebelumnya

Untuk Pertama Kalinya ITB Punya Rektor Perempuan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women World