Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

GEJALA Stroke pada setiap orang berbeda-beda. Begitu juga pada masing-masing wanita.

Melansir Reade's Digest, wanita juga memiliki faktor risiko yang unik, karena hormon mereka yang berperan. Diketahui stroke menjadi penyebab utama kematian ketiga pada wanita.

Berikut tanda-tanda yang serangan stroke, salah satunya hal kecil yang  mungkin tidak Anda duga.

Pingsan atau Kejang
Asisten profesor bedah saraf dan neurologi di The Pusat Medis Universitas Negeri Ohio Wexner, Diana Greene-Chandos MD, FNCS, mengatakan,  wanita cenderung lebih sering menderita stroke di otak belakang daripada pria.

Dikenal sebagai stroke sirkulasi posterior, mereka memotong “aliran darah ke lobus oksipital, batang otak, otak kecil, dan bagian dari lobus temporal. Bagian atas batang otak adalah tempat pusat kesadaran berada,  dan memotong aliran darah ke bagian otak ini dapat menyebabkan pingsan.

Pingsan juga dapat dikaitkan dengan respons hiperventilasi pada semua jenis stroke, sebagai respons rasa takut, dan bahwa kejang, gejala stroke lain pada wanita, juga dapat dikacaukan dengan hilangnya kesadaran.

Sulit Bernapas
Banyak yang berpikir dada sesak dan nyeri di bagian dada adalah tanda-tanda serangan jantung. Ternyata stroke juga mengalami tanda-tanda ini.
Ini adalah masalah sirkulasi posterior dari bagian bawah batang otak tempat pusat pernafasan terletak.

Cegukan
Jika nyeri di dada dilanjutkan dengan munculnya cegukan, ini adalah tanda-tanda stroke, dan tidak banyak yang menyadari hal ini. Menurut sebuah survei dari Dr. Greene-Chandos dan rekan-rekannya di Pusat Medis Wexner, Universitas Negeri Ohio, hanya sepuluh persen wanita yang disurvei yang tahu bahwa cegukan, salah satu gejala awal stroke pada wanita.

Cegukan konsisten dengan masalah sirkulasi posterior dari batang otak. Batang otak menahan menelan dan dorongan untuk bernapas, bersama dengan fungsi lainnya.

Perubahan Perilaku Tiba-tiba atau Agitasi
Belum dapat dipastikan perilaku yang seperti apa, tetapi temuan dari University of Michigan; gejala yang paling umum adalah pergeseran kondisi mental wanita. Menjadi cepat cemas tiba-tiba, dan emosional.

Mual atau Muntah
Stroke pada otak kecil juga dapat menyebabkan pusing, mual, dan muntah.

Halusinasi
Menurut National Stroke Association, gejala penglihatan wanita bisa jadi menimbulkan halusinasi.  Lobus oksipital Anda, pusat kekuatan interpretasi input visual, dapat dirusak oleh masalah sirkulasi posterior.

Sebaiknya pengenalan dini tanda-tanda stroke sangat penting, kata Kathryn Rexrode, MD, kepala Divisi Kesehatan Wanita, Brigham dan Rumah Sakit Wanita.

Penting untuk mendapatkan perawatan darurat segera jika Anda mengalami gejala stroke karena beberapa stroke dapat dihentikan dengan menggunakan obat trombolitik, atau penghilang gumpalan.




Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Sebelumnya

4 Cara Manajemen Stres untuk Menjaga Kesehatan Mental

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health