post image
Ilust/Net
KOMENTAR

SAAT bangun tidur, secara spontan kita langsung mengucek mata. Mata merah dan terasa perih saat bangun tidur,  kita anggap hal yang biasa.

Penyebab mata merah yang disertai tanda-tanda lain saat bangun tidur, bisa jadi karena infeksi. Yuk, kenali untuk segera diambil tindakan.

Diambil dari berbagai sumber kesehatan, ini dia beberapa gangguan mata saat bangun tidur dan pencegahannya.


Merah dan Belekan
Kemungkinan besar Anda mengalami conjunctivitis atau inflamasi dari infeksi lapisan terluar mata. Dokter bisa memeriksanya untuk melihat apakah penyebabnya virus atau bakteri. Jika virus, umumnya seperti 'belekan' dan sangat menular. Menggunakan tetes air mata buatan dan kompres dingin bisa meredakan bengkak dan iritasi. Apabila bakteri, biasanya akan sembuh dengan sendirinya, namun biasanya akan diberikan tetes mata antibiotik untuk mempercepat penyembuhan.


Mata Berair
Ini yang sering terjadi saat bangun tidur. Bisa jadi Anda mengalami alergi atau allergi conjunctivitis pada hal-hal yang berada di lingkunganmu, debu, bulu binatang, dan lainnya. Jauhi pemicunya dan minum obat anti alergi untuk mencegah reaksis sistem imun dan meredakan rasa gatal dan inflamasi pada mata. Hindari penggunaan obat tetes mata dalam keadaan ini.


Muncul Benjolan atau Bintitan
Mata bintitan sering terjadi saat bangun tidur.  Stye atau bintitan muncul karena folikel mata yang terinfeksi. Benjolan kecil ini bisa berbentuk keras ataupun lembut, dan bisa juga mengeluarkan nanah. Gunakan serbet yang telah dibasahi dengan air hangat untuk membantu mengeluarkan cairannya. Namun, jika terlalu menyulitkan atau sulit, periksakan ke dokter mata yang biasanya akan memperi salep antibiotik. Kompres dengan air hangat sebagai pertolongan pertama.


Merah dan Berpasir
Kondisi mata kering ini karena kurangnya kelembaban di mata karena produksi air mata yang berkurang. Kita sering mendengar ini disebut  iritasi. Biasanya disebabkan jarangnya berkedip saat memandang gadget, sehingga air mata jadi cepat menguap. Gunakan tetes air mata buatan yang bisa dibeli di apotek terdekat untuk mengatasinya. (F)

 

Mengenal Saffron, Rempah Termahal di Dunia

Sebelumnya

Jangan abaikan Gejala Stroke, Termasuk Cegukan!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health World