Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KEBIASAAN yang sering kita lakukan di era digital ini adalah bermain hape saat akan tidur. Padahal lampu kamar sudah mati. Menunggu saat-saat kantuk tiba, biasanya kita membuka-buka ponsel.

Hal tersebut bukan satu-dua kali, tapi hampir setiap malam dan dalam kurun waktu yang panjang. Tanpa kita sadari bermain ponsel dalam kegelapan sangat merusak mata.

Menurut laporan media China, seorang pria di negara tersebut mengalami kebutaan sementara gara-gara stroke mata. Hal ini dialaminya setelah dia bermain game di ponselnya sambil gelap-gelapan.

Pria tersebut bernama Wang, ia mengungkapkan bahwa dia sering main game di ponsel sebelum tidur. Kebiasaan ini pun mengganggu istrinya

Pria bermarga Wang yang berasal dari Xian, ibukota Provinsi Shaanxi mengatakan bahwa dia kehilangan penglihatan ketika dia bermain ponsel setelah mematikan lampu.

Setelah memeriksanya ke dokter, dia diketahui menderita stoke mata atau yang disebut juga sebagai klusi arteri retina. Gangguan pada mata ini disebabkan oleh gumpalan atai penyempitan pembuluh darah di retina yang mengirimkan sinyal ke otak.

Mengutip South China Morning Post, dokter mengungkapkan, hal ini bisa menyebabkan kebutaan permanen jika tak ditangani dengan cepat.

"Saya menggunakan mata kanan saya untuk melihat ponsel saya. Hanya beberapa kata yang bisa saya lihat, yang lain tidak," kata Wang.

Wang bukan satu-satunya orang yang menderita stroke mata gara-gara main ponsel di tempat gelap  Sang dokter, Lei Tao mengatakan bahwa dia melihat sekitar 20 pasien setiap bulan yang menderita 'penyakit' yang sama setelah memakai ponsel terlalu lama di tempat gelap. Kebanyakan dari mereka adalah anak muda.

"Penyumbangan arteri di retina secara mendadak, serius, dan manifestasinya akan mengarah ke kebutaan. Kami biasa menyebutnya 'stroke mata. Tingkat kejadiannya semakin tinggi tiap tahunnya dan ada kecenderungan korban jadi berusia lebih muda. Tingkat kebutaan permanen juga tinggi yang bisa secara serius memengaruhi kualitas hidup pasien dan kontribusi kepada masyarakat."

Lei mengatakan bahwa terlalu sering memakai barang elektronik termasuk ponsel berpotensi menyebabkan hilangnya penglihatan secara mendadak.

"Menggunakan telepon dan barang-barang elektronik adalah bagian besar kehidupan anak muda, yang membuat pandangan mereka terlalu tegang. Ini bisa memicu stroke mata," katanya.

Disarankan, bekerja dan beristirahatlah dalam pola yang teratur. Hindari begadang di malam hari dan melihat telepon, televisi, dan komputer dalam waktu yang lama.




Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Sebelumnya

4 Cara Manajemen Stres untuk Menjaga Kesehatan Mental

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health