V Nanammal/BBC
V Nanammal/BBC
KOMENTAR

SEORANG guru yoga inspirasional bernama V Nanammal tutup usia pada akhir pekan kemarin. Wanita yang dikenal dengan julukan "Nenek Yoga" itu meninggal dunia pada usia 99 tahun.

Nanammal bukan guru yoga biasa. Dedikasinya pada yoga selama berpuluh-puluh tahun membuatnya dianugerahi Padma Shri, yakni salah satu penghargaan sipil tertinggi di India.

Lahir dari keluarga petani, Nanammal diajari yoga oleh ayahnya sejak kecil. Namanya semakin populer ketika dia membagikan video yoga di YouTube dalam beberapa tahun terakhir.

Meski telah berusia senja, dia diketahui menguasai lebih dari 50 postur atau asana yoga. Dia bahkan tetap aktif dan lincah melakukan gerakan yoga dengan mengenakan pakaian khas India, sari, berwarna merah muda sebelum kematiannya.

Sepanjang hidupnya, dia diperkirakan telah melatih lebih dari satu juta siswa. Ratusan di antara mereka saat ini telah menjadi instruktur yoga dan tersebar di seluruh dunia.

Namun dia jatuh dari tempat tidur beberapa waktu lalu dan terpaksa menghabiskan waktunya di kamar selama sebulan lebih terakhir.

Dikabarkan India Today akhir pekan kemarin (Sabtu, 26/10), Nanammal telah meramalkan kematiannya dan mengatakan hal itu kepada anggota keluarganya. Pada saat itu dia mengatakan bahwa dia akan menghembuskan napas terakhir dalam 48 hari ke depan.

Namun pihak keluarga mengatakan, Nanammal meninggal dunia di hari ke-40, atau delapan hari sebelum tanggal yang dia prediksi sendiri.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women