Dr Terawan Agus Putranto/Net
Dr Terawan Agus Putranto/Net
KOMENTAR

PRESIDEN Jokowi telah memperkenalkan nama-nama menteri dalam kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10).  Sejumlah nama telah diprediksi sejak Senin (21/10).

Salah satu yang tak terduga adalah terpilihnya dr Terawan, Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, sebagai Menteri Kesehatan.

Dr Terawan terlihat memasuki halaman Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa sore  (22/10). Saat itu spekulasi sudah terdengar ia akan menduduki kursi Menkes.

"Presiden diskusi soal BPJS dan stunting. Harapannya soal BPJS, bisa terselesaikan dengan baik dan bisa membahagiakan semuanya" ucap Terawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin, Selasa (22/10).

Atas amanah barunya tersebut, Terawan  melepaskan jabatannya sebagai Kepala RSPAD Gatot Subroto dan anggota TNI.

Terawan dikenal sebagai dokter TNI AD dengan pangkat mayor jenderal (Mayjen).

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pernah memberikan sanksi kepada pemilik nama lengkap dokter Terawan Agus Putranto berupa pemecatan selama 12 bulan dari keanggotaan IDI sejak 26 Februari 2018-25 Februari 2019.

Keputusan IDI tersebut diambil setelah sidang Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) PB IDI yang menilai Dokter Terawan melakukan pelanggaran etika kedokteran.

Nama dokter Terawan pernah jadi pemberitaan karena dianggap telah melanggar kode etik dengan metode "cuci otak". Kemampuan Terawan mencuci otak demi kesembuhan pasien menuai kontroversi. Metode Cuci Otak yang dilakukan dokter Terawan pernah menyembuhkan 40 ribu pasien.

Dokter asal Yogyakarta ini mengaku sudah menerapkan metode mengatasi masalah stroke  sejak 2005 dan memang terkenal di kalangan pejabat negara.

Prabowo Subianto mengaku pernah berobat ke dokter yang pernah diberikan sanksi sementara oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) itu.

"Saya ini sudah tiga kali diterapi oleh Terawan. Saya tiga kali, mau yang keempat kali. Saya dulu, biasalah, orang sudah 60-an tahun," ujar Prabowo saat ditemui di sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Gerindra di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (5/4/2018) lalu.

Selain Prabowo, ada pengusaha  Aburizal Bakrie yang mengungkap metode yang digunakan dokter Terawan sudah menolong dan terbukti mampu mencegah maupun mengobati ribuan penderita stroke.

Tentang terpilihnya Terawan sebagai Menkes, dia mengatakan akan mengemban tugas itu sebaik-baiknya.




Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya

Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News