Kaisar Naruhito dalam upacara penobatan hari ini/CNA
Kaisar Naruhito dalam upacara penobatan hari ini/CNA
KOMENTAR

KAISAR Naruhito resmi mengumumkan penobatannya sebagai kaisar baru dalam upacara bergaya kuno di Istana Kekaisaran di Tokyo pada hari ini (Selasa, 22/10).

Dalam prosesi tersebut, Kaisar Naruhiti mengenakan jubah tradisional berwarna orange gelap yang hanya dikenakan oleh kaisar pada acara-acara khusus. Sementara Permaisuri Masako tampak anggun mendampingi dengan mengenakan kimono berlapis.

"Dengan ini saya menyatakan penobatan saya di dalam dan luar negeri," kata Kaisar Naruhito dalam pidatonya, seperti dimuat Channel News Asia.

Upacara itu sebagian besar dilakukan dalam keheningan, dengan hanya genderang dan gong terdengar. Sekitar 2.000 tamu, termasuk pejabat asing dan bangsawan, berdiri diiringi hentakan drum yang dalam sebelum proklamasi dimulai.

"Saya bersumpah akan bertindak sesuai dengan konstitusi dan memenuhi tanggung jawab saya sebagai simbol negara dan persatuan rakyat," sambungnya.

"Saya dengan tulus berharap bahwa Jepang akan berkembang lebih lanjut dan berkontribusi pada persahabatan dan kedamaian komunitas internasional, dan untuk kesejahteraan dan kemakmuran manusia melalui kebijaksanaan rakyat dan upaya tanpa henti," tegas Kaisar Naruhito.

Ketika upacara selesai, Perdana Menteri Shinzo Abe berteriak, "Banzai!" (hidup kaisar) sebanyak tiga kali.

Naruhito sendiri secara resmi menjalankan tugasnya sebagai kaisar pada tanggal 1 Mei lalu, selang sehari setelah ayahnya turun tahta.

Namun tansisi tersebut tidak lengkap sampai peran barunya secara resmi diproklamirkan dalam upacara penobatan hari ini.




Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Ubah Masa Berlaku Visa Umrah

Sebelumnya

Masih Minimnya Keterlibatan Perempuan Jadi Alasan KemenPPPA Gelar Munas Perempuan 2024

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News