Anh Thu Nguyen/Net
Anh Thu Nguyen/Net
KOMENTAR

JUMLAH perempuan pilot ternyata hanya 6%  dari semua pilot di dunia. Jumlah yang sedikit itu menginspirasi Anh Thu Nguyen melakukan kampanye untuk meningkatkan jumlah pilot perempuan dengan mempromosikan pendidikan penerbangan untuk wanita muda.

Nguyen adalah Pilot Transportasi Bandara dan Instruktur Penerbangan Bersertifikat (CFI / CFII / MEI) di AeroVentures Flying Club di Atlanta, juga pendiri dan presiden Women in Aerospace and Aviation.  Ia  berencana bepergian dengan pesawat bermesin tunggal ke 25 negara mulai 15 Mei 2020 hingga 1 Juli 2020. Jika ia berhasil menyelesaikan penerbangan global ini, Nguyen akan jadi wanita Vietnam-Amerika pertama yang melakukannya.

Melansir Nextshark, Nguyen mengelilingi dunia dengan maksud untuk mempromosikan pendidikan tentang ruang angkasa dan penerbangan kepada wanita muda di seluruh dunia melalui organisasinya. Ia ingin perempuan memiliki minat untuk menjadi pilot sehingga jumlah perempuan pilot akan bertambah.

Nguyen tumbuh dalam kemiskinan di desa terpencil di Tuy-Hoa, Vietnam. Ia  memahami hambatan besar bagi wanita dengan sedikit sarana dan peluang untuk mengejar impian menjadi pilot. Beruntung ia pada usia 12 tahun menerima pendidikan dari sekolah yang dibangun UNICEF. Ia kemudian berimigrasi ke Amerika Serikat.

Sebagai gadis kecil, Nguyen mampu mengatasi banyak perjuangan, termasuk hambatan bahasa dan tantangan dalam pendidikannya di negara asing. Kerja kerasnya bertahun tahun itu pun membuahkan hasil.

Pada 2017, Nguyen menjadi AOPA Distinguished Flight Instructor, setelah mengajar ratusan pilot dan mendapatkan sertifikat Pilot Maskapai Penerbangan.

Perjalanan masa kecilnya mengilhami Nguyen untuk meningkatkan visibilitas dan kesadaran kepada wanita dalam penerbangan, dan untuk mempromosikan pendidikan aerospace untuk anak perempuan.




Nuzul Quran Masjid Al Hidayah: Quran dan Ibu sebagai Petunjuk Awal dan Madrasah Pertama Anak

Sebelumnya

Astronaut Nora Al Matrooshi Siap ke Luar Angkasa dengan Hijab Khusus Rancangan NASA

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women