post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MEMILIKI anak yang kelak menjadi generasi cemerlang, tentu dibutuhkan banyak faktor pendukung. Asupan makanan dan lingkungan punya andil cukup besar dalam membangun kepribadian anak. Begitu juga dengan pola asuh.

Lalu bagaimana agar orangtua tidak keliru membimbing anaknya?  Melansir Inc.com, inilah beberapa point untuk menjadikan si kecil anak yang luar biasa.

1 Biarkan Anak Memiliki Kewajiban dan Tanggung Jawab di Dalam Rumah .

Biasakan agar anak turut serta dalam pekerjaan rumah. Berilah tugas kapan ia harus membersihkan meja makan, membuang sampah, dan menyiram tanaman. Itu membuatnya merasa punya kewajiban dan tanggung jawab. Ini juga akanmelatih sifat mandiri.  "Dengan membuat mereka melakukan tugas rumah, itu akan membuat dia menyadari bahwa dia adalah bagian dari keluarga,” kata Julie Lythcott-Haims, seorang dekan di Universitas Stanford dan penulis How to Raise a Adult.

2. Ajak Anak Memiliki Kehidupan Sosial

Anak yang bisa berinteraksi dengan teman-teman atau lingkungan sekitarnya biasanya akan menjadi anak yang sukses. Dia tidak akan vanggung secara sosial.

"Anak-anak yang kompeten secara sosial yang bisa bekerja sama dengan rekan-rekan mereka tanpa disuruh, membantu orang lain tanpa pamrih, memahami perasaan mereka, dan menyelesaikan masalah mereka sendiri, jauh lebih memperoleh gelar sarjana dan memiliki pekerjaan lebih cepat daripada mereka dengan keterampilan sosial terbatas," tulis Gillett dan Baer.

3. Tanamkan Pada Anak Bahwa Pendidikan Itu Sangat Penting

Anak akan melihat pendidikan orangtuanya, dan akan menjadi acuan bagi dirinya untuk bisa lebih dari orangtuanya.

"Orang tua yang memiliki pendidikan tinggi tentunya akan memiliki pemikiran yang luas mengenai hal ini. Pengharapan akan si anak sekolah lebih tinggi daripada orantuanya pun bermuara pada harapan akan kesuksesan si anak di kemudian hari karena pendidikannya mumpuni,” kata profesor UCLA Neal Halfon.

4. Tunjukkan Etos Kerja Dan Prestasi Mereka

Tunjukkan perilaku yang baik di depan anak-anak termasuk juga semangat dalam meraih sesuatu.

Sebuah studi di Harvard Business School menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan ibu yang bekerja memiliki kelebihan dibandingkan mereka yang tidak. Seperti yang Gillette dan Baer tulis, "Studi tersebut menemukan anak perempuan dari ibu yang bekerja dan bersekolah lagi, lebih cenderung memiliki pekerjaan dalam peran pengawasan dan lebih sukses.(F)

Ketika Anak Membawa Pulang Kata-kata Kasar, Ini yang Perlu Anda Lakukan

Sebelumnya

Rayakan Hari Batik Nasional, KB Avicenna Pamulang Kenalkan Warisan Budaya Indonesia Sejak Dini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting World