Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MUSIM kemarau seperti tak ada habisnya. Udara panas, sumpek, gerah, terkadang membuat emosi naik. Apalagi jika berkendara di tengah kemacetan kota yang sangat luar biasa.

Adalah Sandeep Dahiya, pria asal India yang mencoba memecahkan permasalah di atas. Ia adalah seorang teknisi yang kini mencoba berinovasi dengan membuat helm berpendingin. Di dalam tutup kepala khusus pengendaran motor tersebut, diletakkan sebuah alat khusus yang fungsinya mengatur suhu, layaknya AC pada mobil.

Penemuannya dinamai Vatanukul, berupa AC portabel yang digendong di punggung biker saat berkendara. Cara kerja alat ini menghasilkan udara dingin atau hangat melalui selang yang ada di bagian belakang helm.

Secara keseluruhan berat AC portabel yang mesti digendong ini 1,8 kg, sedangkan selang yang mengalirkan udara beratnya 125 gram. Alat ini memanfaatkan baterai motor agar bekerja, suplainya disalurkan melalui kabel.

Menurut laporan Motoroids, sistem pendingin yang ringkas ini bekerja selayaknya AC di rumah atau kabin mobil. Tidak diperlukan cairan khusus atau es sebagai sumber udara dingin.

Pengaturan suhu yang diembuskan ke helm bisa diatur instan melalui alat khusus, jadi mampu cepat merespons kebutuhan. Sandeep menyebut dalam situasi panas, AC buatannya bisa menghasilkan udara bertemperatur 10-12 derajat.

Sandeep menjelaskan, kekurangan pada inovasi buatannya itu ada pada selang penghubung antara helm dan AC portabel. Selang yang cenderung kaku itu membatasi pergerakan kepala ke kiri dan kanan.

Sandeep tidak membeberkan berapa harga perangkat ini, namun dia terpantau kerap mempromosikannya di media sosial. Mengutip Indianautosblog, Sandeep ingin membuat sistem pendingin helm yang lebih canggih pada masa depan.




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News