Emma Gatewood/Net
Emma Gatewood/Net
KOMENTAR

INI adalah kisah seorang perempuan perkasa yang sangat menyayangi anak-anak.  Karena kerap mengalami kekerasan dalam rumah tangga, Emma Gatewood sering melarikan diri ke hutan. Di sana ia merasa aman dan tenang. Dari situlah ia sangat mencintai hutan dan alam.

Ia memiliki 14 orang saudara. Ketika menikah, ia mengadopsi 11 orang anak. Saat telah bercerai dengan suami yang kerap mengasarinya, Emma menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. 

Pada tahun 1955, pada usia 67,  Emma mengatakan kepada anak-anaknya yang sudah dewasa bahwa ia akan berjalan-jalan. Anak-anaknya  tidak bertanya di mana atau berapa lama, karena selama ini mereka tahu ibunya kerap senang berjalan-jalan ke hutan dan ia adalah wanita tangguh yang bisa mengurus dirinya sendiri.

Melansir Vintage News, Tak ada yang menduga jika Emma ternyata melakukan perjalanan yang luar biasa. Ketika pergi, Emma hanya mengenakan sepatu kets. Ia juga membawa selimut tentara,  jas hujan dan tirai mandi. Bawaan yang sedikit itu tentu membuat anak-anaknya mengira Emma hanya akan berjalan beberapa hari saja dan tidak terlalu jauh. Ternyata, Nenek Emma memutuskan untuk pergi mendaki ke Appalachian Trail.

Appalachian Trail sendiri adalah sebuah jalur pendakian di wilayah timur Amerika Serikat (AS) yang membentang antara Gunung Springer di Georgia dan Gunung Katahdin di Maine. Pada masa itu, tak ada satu pun perempuan yang berhasil mendaki Appalachian Trail yang panjangnya sekira 3.500 Km.

Emma memulai pendakiannya melalui Gunung Oglethorpe di Georgia ke Gunung Katahdin di Maine. Ia menjadi seorang perempuan pertama yang berhasil mendaki Appalachian Trail di usia yang sudah tidak muda lagi.

Appalachian Trail adalah jalur pendakian di wilayah timur Amerika Serikat (AS) yang membentang antara Gunung Oglethorpe di Georgia dan Gunung Katahdin di Maine. Tak ada satu pun perempuan yang berhasil mendaki Appalachian Trail yang panjangnya sekira 3.500 Km, pada saat itu.

Emma sempat merasa menyesal ketika tahu begitu berat jalur perjalanan yang dilaluinya, tetapi saat ia sudah kembali ke rumah, ia malah ketagihan dan mengulang perjalanan itu pada 1960 dan 1963.

Emma hiking sejauh 800 mil (2 km) dari Mount Oglethorpe di Georgia ke Mount Katahdin di Maine, dengan total berat yang di bawa beratnya tidak lebih dari 20 pound ( 9 kg) dari perlengkapan, logistik, dan pakaian.  

Ia menjadi seorang perempuan pertama yang berhasil mendaki Appalachian Trail di usia yang sudah tidak muda lagi.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women