Foto : Dok. Pribadi
Foto : Dok. Pribadi
KOMENTAR

MENGAJARKAN kebaikan kepada buah hati akan lebih menyentuh bila dilakukan lewat tindakan konkret. Daripada sibuk menjelaskan dengan bahasa yang sulit dimengerti atau bahkan memaksa anak untuk menjadi anak saleh yang pandai beramal saleh, ajaklah anak untuk ‘terjun’ langsung ke masyarakat untuk berbagi.

Seperti yang dilakukan pasangan Jati Permana Kurniawan dan Rina Faidani, dalam mengajarkan indahnya bersyukur dan berbagi kepada tiga putri cantik mereka: Lady (11), Naura (9), dan Ratu (2).

Ide untuk berbagi itu dijalankan dalam bentuk  “Krucil Berbagi”. Sesuai namanya, program tersebut memang melibatkan ketiga anak mereka dalam kegiatan sosial.

Seminggu sebelum hari H yaitu Minggu (08/09/2019), keluarga Jati dan Rina telah menyiapkan segala sesuatu, mulai dari perlengkapan hingga bahan makanan segar yang dibeli sehari sebelumnya. “Untuk edisi perdana, kami menyiapkan 50 porsi nasi lengkap dengan lauk telur balado, capcay, tempe orek bumbu kecap, kerupuk, dan sambal,” papar Rina.

Namun, saat semua makanan siap, keluarga itu belum menentukan lokasi untuk berbagi. Setelah semua perlengkapan masuk bagasi mobil, mereka pun berangkat. Diskusi hangat terjadi dalam perjalanan dari rumah mereka di Bogor Nirwana Residence, dipenuhi ide tentang lokasi yang bisa dituju. Akhirnya, pilihan jatuh ke Masjid Al-Muawanah di daerah Cibalagung Pasir Jaya, Bogor. Alhamdulillah, penjaga masjid menyambut gembira niat baik keluarga Jati-Rina bahkan begitu antusias membantu mempersiapkan ‘lapak’ mereka di depan masjid.

Tidak butuh waktu lama menarik perhatian orang yang lalu-lalang. “Sasaran kami terutama sopir onjek online, pedagang keliling, juga siapa saja yang kebetulan mampir menunaikan salat di masjid ini,” ujar Jati.

Siapa nyana, semangat berbagi tersebut juga melahirkan kekompakan luar biasa di antara anggota keluarga. Ayah mengundang orang-orang untuk mendekat, si bungsu yang lucu memberikan makanan menemani Bundanya, sedangkan kedua kakaknya memberikan minum juga membersihkan sampah di sekitar mereka. Jati dan Rina mengaku sangat menikmati suasana kebersamaan yang membahagiakan hati itu.

Dengan melakukan tindakan nyata untuk berbagi dengan cara yang menyenangkan, mereka berharap dapat terus melakukan program Krucil Berbagi setiap satu atau dua minggu sekali. Keluarga ini berharap semangat untuk menolong sesama tidak luntur. “Untuk teman-teman yang ingin bergabung, kami siap menerima. Percayalah, sangat menyenangkan untuk mengajarkan anak kita berbagi dengan sesama!”




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting