KOMENTAR

CAMPAK kembali menghantui empat negara Eropa. Padahal, sebelumnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan keempat negara tersebut bebas dari penyakit ini. Empat negara ini adalah Albania, Republik Ceko, Yunani, dan Inggris.

"Kami mundur, kami berada di jalur yang salah," kata Kate O'Brien dari Departemen Imunisasi WHO.

Campak adalah penyakit yang sangat menular dan berpotensi fatal yang menyebabkan batuk, ruam, dan demam.  Penyakit ini dapat dicegah melalui dua dosis vaksin MMR, yang tersedia secara gratis untuk semua anak kecil di Inggris.

Empat negara tersebut dinyatakan bebas campak ketika tidak ada penularan endemik selama 12 bulan di wilayah geografis tertentu. Ms O'Brien mengatakan keempat negara Eropa itu sebelumnya adalah neara dengan cakupan vaksinasi yang luas.

WHO mengingatkan bahwa penyakit ini sangat menular. Mereka yang rentan terpapar adalah anak kecil, mengakibatkan kematian atau cacat seumur hidup. WHO telah menyerukan agar cakupan vaksinasi lebih baik di sejumlah negara. "Dalam beberapa bulan terakhir, lonjakan jumlah kasus juga terjadi di negara-negara dengan cakupan vaksinasi keseluruhan yang tinggi,” ujar Ms O’Brien dilansir dari BBC.

Hampir 365.000 kasus telah dilaporkan di seluruh dunia tahun ini, kata WHO, hampir tiga kali lipat dari pada paruh pertama tahun 2018.




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News