KOMENTAR

KEMENTERIAN Luar Negeri bersama KBRI Paris menyelenggarakan acara “Creative Talk: Learning from the Indonesian and French Digital Industry and Cinematography”, Kamis (22/8) bertempat di Kantin Diplomasi, Kementerian Luar Negeri.

Kegiatan Creative Talk ini bertujuan mempertemukan para pelaku industri kreatif Indonesia dan Prancis untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman. Tidak hanya mengenai kerja sama kedua negara yang telah berjalan, tetapi juga peluang kerja sama baru serta potensi kerja sama ke depan.

Hal ini sejalan dengan diluncurkan Pernyataan Bersama mengenai Ekonomi Kreatif Indonesia dan Prancis, saat Presiden Prancis berkunjung ke Indonesia, Maret 2017, telah. Kesepakatan tersebut telah meletakkan landasan kerja sama bidang ekonomi kreatif antara kedua negara, khususnya di bidang industri digital dan perfilman.

Acara Creative Talk ini didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Desainer Grafis Indonesia, Badan Perfilman Indonesia, Kedubes Prancis, Institut Prancis Indonesia, dan Steinberg Protocol. 

Duta Besar RI untuk Republik Prancis, Arrmanatha Christiawan Nasir, DCM Kedubes Prancis Charles-Henri Brosseau, dan Direktur Hubungan Antar Lembaga Luar Negeri Bekraf Kartika Candra telah memberikan gambaran kerja sama ekonomi kreatif Indonesia dan Prancis dan peran pentingnya sebagai sektor potensial dalam mendorong peningkatan angka perekonomian nasional. Disepakati bahwa kerja sama ekonomi kreatif akan menjadi salah satu highlight dalam peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara pada tahun 2020.

Diskusi berlangsung secara interaktif  di hadapan sekitar 150 peserta dari kalangan millennials yang berkecimpung di sektor ekonomi kreatif.  Kegiatan ini juga memberikan berbagai masukan untuk menyusun program-program konkrit guna mendukung pengembangan sektor ekonomi kreatif Indonesia. Creative Talk telah mendorong upaya peningkatan kontak antar pelaku industri kreatif kedua negara guna membuka peluang kerja sama yang lebih luas.

Pada Creative Talk telah diluncurkan pula platform bagi para stakeholders dan praktisi industrI kreatif untuk memberikan masukan bagi kolaborasi baru di sektor ekonomi kreatif dan gagasan dalam penentuan tema peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Prancis pada tahun 2020, serta konsep program kerja sama yang kiranya dapat dijadikan showcase pada peringatan dimaksud.

(Sumber:  Kementerian Luar Negeri​​​)




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News