KOMENTAR

COBA Mom perhatikan adakah ruangan di dalam rumah Anda ada yang kurang ventilasi dan pencahayaan?

Kurangnya ventilasi di ruang tertutup bisa menimbulkan bau tak sedap. Selain itu, kondisi ini sempurna untuk penyebaran jamur, tungau, dan mikroorganisme lain yang berbahaya bagi kesehatan.

Orang yang terlalu lama tinggal di rumah atau di dalam ruangan yang lembab rentan mengalami gangguan paru-paru serta terserang asma. Bagi yang sudah memiliki bakat asma dan alergi, bisa merasakan gejala yang lebih parah. Bahkan menurut WHO, rumah yang lembab dan berjamur memiliki kontribusi cukup besar terhadap 300 juta kasus asma anak-anak.

Sebaiknya, Anda membutuhkan ventilasi tambahan agar cukup untuk udara keluar masuk serta pencahayaan. Atau Anda bisa memasang exhaust fan.

Selain itu, Anda bisa menyiasati penyimpanan atau penataan barang. Atur barang yang disimpan agar memungkinkan sirkulasi udara lancar. Secara berkala, keluarkan barang-barang untuk diangin-anginkan dan gunakan vacuum pembersih.

Agar udara di dalam ruangan lembab tersebut tetap segar, Anda bisa menggunakan pengharum ruangan atau meletakkan beberapa butir kapur barus di sudut ruangan.

Anda juga bisa meletakkan beberapa biji kopi panggang atau kopi bubuk. Kopi  memiliki bau yang kuat yang dapat dengan mudah digunakan untuk menyingkirkan bau lembab, bahkan, bisa digunakan untuk mengatasi bau di tempat sampah, lemari pakaian, dan ruang berventilasi buruk lainnya.  Masukkan biji kopi atau kopi bubuk ke dalam mangkuk kecil dan letakkan di ruangan yang berbau lembab.




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

5 Manfaat Spesifik Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health