KOMENTAR

MASYARAKAT Morotai memiliki tradisi memainkan musik dengan bambu. Namanya Bambu Tada. Bambu tada memiliki makna filosofis sebagai simbol persatuan, tanpa membedakan suku, agama, dan ras, yang melambangkan keharmonisan dan kebinekaan masyarakat Morotai.

Bambu tada adalah alat musik yang terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mengeluarkan bunyi-bunyian khas bambu. Cara mainnya dengan diketuk-ketukan ke tanah. Bambu tada berfungsi sebagai musik pengiring dan dimainkan bersama alat musik lain.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai berupaya untuk menggaet wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berwisata. Salah satu upayanya adalah dengan menyelenggarakan Festival Morotai 2019.

Festival ini masuk dalam kalender tahunan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Pertunjukkan Musik Bambu Tada menjadi salah satu daya tarik dalam festival ini sekaligus merupakan perhelatan tarian kolosal.

Musik Bambu Tada dalam festival ini diikuti oleh 2.124 peserta dan berhasil meraih rekor Muri.
Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, di Morotai, Rabu (7/8) mengatakan sekitar 2.000 orang anggota masyarakat yang berasal dari berbagai kalangan dan usia berpartisipasi dalam pertunjukan tersebut. 

"Terima kasih kepada para masyarakat yang mendukung penyelenggaraan Festival Morotai. Terutama pada para peserta bambu tada. Saya mengapresiasi semangat kalian yang luar biasa," kata Benny Laos.

Menpar Arief Yahya yang juga berkesempatan menyaksikan pemecahan rekor MURI turut bangga akan pencapaian masyarakat daerah Morotai. Menpar pun menyaksikan pemberian piagam penghargaan dari MURI kepada Bupati Morotai.

"Daerah ini luar biasa. Masyarakatnya sangat kompak, alamnya bagus, daerahnya juga menyimpan nilai sejarah. Semoga Morotai bisa menarik minat kunjungan wisatawan lebih banyak lagi," ucap Arief lagi.

Selain itu, untuk memajukan wisata Morotai, Menpar mendukung usulan Bupati Morotai agar membuka lima rute penerbangan langsung dari luar negeri ke Morotai serta pengembangan kapasitas bandara untuk menampung lebih banyak wisatawan.

"Kementerian Pariwisata berkomitmen untuk mempromosikan potensi pariwisata Morotai di ajang bergengsi misalnya bursa promosi pariwisata bergengsi di luar negeri," tambahnya lagi.




Taylor Swift (Lagi-Lagi) Cetak Sejumlah Rekor Lewat Album Terbarunya, The Tortured Poets Department

Sebelumnya

Perjalanan Karier Widuri Puteri, Tuai Banyak Pujian Berkat Aktingnya di Film “Siksa Kubur”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment