KOMENTAR

BILA buah hati kedapatan memainkan alat kelaminnya saat ia mandi atau menonton televisi, sebaiknya Anda tak perlu  terlalu panik.  Hal ini memang tak boleh dibiarkan berlarut-larut, tetapi hal ini juga bukan sesuatu yang harus ditakutkan.  Anak Anda tengah memasuki Fase Phalic. Tahapan yang wajar dalam tumbuh kembang anak.

Situs KidsHealth menyebutkan ada tiga fase dalam tumbuh kembang bayi.  Pertama adalah fase oral yang terjadi pada usia 0-2 tahun. Pusat kenikmatan anak berasa di mulut, itulah mengapa di usia tersebut anak senang sekali memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut.

Yang kedua adalah Fase Anal. Ini terjadi di usia 2 -3 tahun, di mana anak mulai menahan keinginannya untuk buang air besar..

Lalu yang ketiga adalah Fase Phalic. Teori ini disebutkan oleh Sigmund Freud mengenai tahapan fase tumbuh kembang anak, di mana pada Fase Phalic, usia 3 – 6 tahun pusat kenikmatan anak terletak di sekitar alat genitalnya. Anak senang menstimulasi alat kelaminnya. Aktivitas tersebut memang lebih banyak dialami anak laki-laki. Elusan atau stimulasi ringan pada alat kelaminnya menimbulkan kenyamanan dan sensasi tertentu.

Anda tidak perlu terlalu panik dan memperlihatkan ekspresi marah atau jijik. Dekati anak Anda dan katakan bahwa alat kelamin adalah sesuatu yang  sensitif yang akan mudah luka jika terus menerus dipegang. Jika luka atau lecet tentu akan sakit. Alat kelamin juga harus selalu bersih sementara tangannya telah memegang banyak benda atau makanan. Katakan hal itu setiap kali Anda mendapatinya memainkan alat kelaminnya, atau alihkan perhatiannya pada kesenangan lainnya.

Jika ia sibuk melakukan banyak aktivitas seperti menggambar atau bermain bersama teman, tentu ia akan lupa akan kesenangannya itu.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting