post image
KOMENTAR

SESEORANG tidak akan pernah tahu pasti, amalan mana yang telah dilakukannya yang akan diterima oleh Allah. Kita juga tidak akan pernah tahu secara pasti amalan manakah yang dapat mengantarkan kita ke surga. Itu sebabnya jangan meremehkan kebaikan sekecil apapun.

Allah Subhanahu Wa taala berfirman dalam Al Quran Surat Al Anbiya: 47

وَنَضَعُ الْمَوَازِينَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا ۖ وَإِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ أَتَيْنَا بِهَا ۗ وَكَفَىٰ بِنَا حَاسِبِينَ

“Dan Kami letakkan timbangan keadilan pada hari kiamat. Maka tidaklah akan dizalimi seorangpun sedikitpun. Sekalipun (keadaan kebaikan atau kejelekan tersebut) sebesar biji sawi akan Kami datangkan dengannya (perhitungan dan pembalasannya). Dan cukuplah Kami sebagai penghitung.” (QS 21-Al Anbiya ayat 47)

Dan juga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَا تَحْقِرَنَّ مِنَ المْعَرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

“Janganlah kalian meremehkan kebaikan sedikitpun, sekalipun (hanya sekadar) engkau memberikan kepada saudaramu wajah yang berseri-seri.” [HR Imam Muslim].

Salah satu sosok shahabiyah yang mungkin amalannya sangat ringan, akan tetapi ternyata amalan tersebut membekas di hati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hingga dia berhak mendapatkan doa Rasul di penghujung hayatnya. Dia adalah Ummu Mahjan Al Anshariyah Radhiyallahu ‘anha.

Dari sebuah hadis Muttafaqun ‘ alaihi yang menceritakan tentang seorang perempuan berkulit hitam, yang biasa menyapu masjid di masa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.

Muslimah Jenius Penggubah Puisi

Sebelumnya

Keutamaan Shalat Ashar

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Islamic World