post image
KOMENTAR

PERNAKAH Anda mendapati sabun mandi (batangan) tiba-tiba terkoyak seperti bekas gigitan binatang?

Betul, binatang yang memakan sabun Anda itu adalah tikus. Binantang pengerat itu sangat menyukai sabun mandi berbentuk batang jika mereka tak menjumpai makanan lain. Kok bisa?

Bahan dasar pembuat sabun adalah lemak, garam basa, dan air. Kemudian baru ditambahkan zat-zat tambahan lainnya seperti pewarna, atau pewangi. Lemak yang digunakan dalam pembuatan sabun dapat berasal dari tumbuhan (lemak nabati) seperti minyak zaitun dan minyak kelapa atau dari hewan (minyak hewani) seperti tallow dan grease.

Tallow merupakan lemak yang didapatkan dari industri pengolahan daging yang diambil dari lemak sapi atau domba. Sedangkan grease merupakan lemak hewani dengan kualitas lebih rendah dari tallow. Lemak inilah yang sebenarnya dibutuhkan oleh tikus sehingga mereka memakannya saat tidak berhasil menemukan makanan lain di rumah kita.

Binatang pengerat ini membutuhkan sesuatu yang dapat dikerat untuk menghambat pertumbuhan giginya. Jika tikus tidak mengerat, giginya dapat terus tumbuh dan ini membahayakan tikus itu sendiri. Sabun batangan menjadi pilihan tikus karena benda itu selain dapat memberi mereka lemak, juga dapat mereka kerat.(F)

Pelantikan Presiden Ditetapkan Pukul 14.30 TNI -Polri Bakal Kerahkan Personelnya

Sebelumnya

Susunan Menteri Kabinet Jokowi - Ma'ruf Rampung. Diumumkan Saat Pelantikan Presiden?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News World